Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Cara menulis daftar pustaka dari internet

Apakah Anda sudah mengetahui cara penulisan daftar pustaka dari sumber internet? Daftar pustaka memang menjadi salah satu bagian penting yang wajib diperhatikan oleh penulis ketika mengerjakan karya ilmiah.

Tanpa adanya daftar pustaka, tulisan yang Anda buat bisa diragukan kredibilitasnya dan berpotensi melakukan tindak plagiarisme. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi terkait cara menulis daftar pustaka dari internet.

Sebelum mengetahui informasi tersebut, simak terlebih dahulu penjelasan tentang format penulisan dan kriteria pemilihan sumber internet yang bisa dijadikan referensi dalam penulisan ilmiah berikut ini.

Format Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Terdapat beberapa format penulisan yang bisa Anda gunakan ketika membuat daftar pustaka dari sumber internet, yaitu:

1. APA Style

APA Style merupakan teknik penulisan daftar pustaka yang diterbitkan oleh American Psychological Association. Secara umum, format penulisan daftar pustaka dari internet ketika menggunakan format APA Style adalah:

Nama website yang dirujuk. Tanggal artikel diterbitkan. Judul artikel. Waktu akses artikel yang dijadikan sumber rujukan, alamat atau URL website yang dirujuk secara lengkap.

2. MLA Style

Format kedua yang bisa Anda gunakan ketika menulis daftar pustaka adalah MLA Style.

MLA Style merupakan teknik penulisan daftar pustaka yang diterbitkan oleh Modern Language Association. Adapun format penulisan daftar pustaka dari internet ketika menggunakan teknik ini adalah:

Judul Artikel. Nama laman website yang dirujuk. Tanggal artikel diterbitkan. Waktu akses sumber internet tersebut. Alamat atau URL website secara lengkap.

3. ASA Style

Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan ketika menulis daftar pustaka dari internet dalam karya ilmiah adalah ASA Style. ASA Style merupakan format penulisan daftar pustaka yang dikenalkan oleh American Social Association.

Secara umum, penulisan daftar pustaka dari sumber internet menggunakan ASA Style adalah:

Nama belakang penulis, Nama depan. Tahun terbit. Judul karya yang ditulis miring. Nama media. Tanggal Terbit.

4. CSE Style

Format penulisan terakhir yang bisa Anda gunakan ketika membuat daftar pustaka dari internet adalah CSE Style. CSE Style merupakan teknik penulisan daftar pustaka dalam karya tulis ilmiah yang dipopulerkan oleh Council Of Science Editors.

Secara umum, susunan penulisan daftar pustaka dari internet menggunakan CSE Style adalah:

Nama website yang dijadikan rujukan. Judul artikel [internet], deskripsi website yang dirujuk, tanggal terbit artikel [waktu akses artikel yang dijadikan sumber]. Alamat atau URL laman website secara lengkap.

Kriteria Referensi dari Internet

Penting untuk Anda ketahui bahwa tidak setiap sumber yang ada di internet bisa digunakan sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah.

Terdapat kriteria tertentu yang harus Anda pahami untuk menentukan apakah sumber internet tersebut bisa dijadikan sebagai referensi.

Misalnya saja, salah satu website yang berisi berbagai macam informasi, yakni Wikipedia tidak bisa digunakan sebagai rujukan dalam penulisan ilmiah.

Padahal, informasi yang ada pada laman tersebut kerap digunakan oleh banyak orang ketika ingin mencari referensi. Hal ini disebabkan karena artikel yang ada di Wikipedia tidak diketahui secara jelas kepemilikannya.

Selain itu, setiap pengguna bisa secara bebas mengubah informasi pada setiap artikel di Wikipedia. Oleh karena itu, setiap informasi yang Anda dapatkan di Wikipedia tidak bisa dijadikan sebagai sumber rujukan maupun referensi dalam penulisan karya ilmiah.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Nah, cara mudah untuk mengetahui sumber internet apa saja yang bisa Anda gunakan ketika menulis karya tulis ilmiah bisa dilihat dari domain yang ada di website tersebut.

Domain tersebut bisa menjadi salah satu kriteria untuk mengetahui apakah website tersebut kredibel jika dijadikan sebagai rujukan. Adapun terdapat beberapa domain yang bisa Anda temukan ketika mencari sumber rujukan di internet, yakni:

1. Domain Akademik

Sumber internet pertama yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah adalah yang memiliki domain akademik.

Kriteria website yang memiliki domain akademik bisa dilihat pada alamat URL yang memiliki akhiran .ac.id. Biasanya, domain akademik ini digunakan oleh instansi perguruan tinggi atau sejenis yang ada di Indonesia.

2. Domain Organisasi

Kriteria sumber internet berikutnya yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan penulisan karya ilmiah adalah yang memiliki domain organisasi. Biasanya, domain ini digunakan oleh setiap organisasi yang beroperasi di Indonesia.

Adapun kriteria domain organisasi yang bisa Anda temukan di internet bisa dilihat dari alamat URL yang memiliki akhiran .or.id.

3. Domain Pemerintah

Website yang memiliki domain pemerintah merupakan sumber internet yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam sebuah penulisan.

Website yang memiliki domain ini merupakan laman resmi yang dikelola oleh instansi pemerintah Indonesia, baik dalam skala nasional maupun daerah.

Anda bisa mengetahui website dengan domain pemerintah melalui alamat URL yang memiliki akhiran .go.id atau .gov.

4. Domain Militer

Anda juga bisa menggunakan website yang memiliki domain militer sebagai rujukan maupun referensi dalam penulisan karya ilmiah. Domain ini biasanya dimiliki oleh website yang dikelola oleh instansi militer di Indonesia, seperti Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara.

Ciri-ciri website yang memiliki domain ini bisa dilihat pada bagian alamat URL yang memiliki akhiran .mil.id.

5. Domain Pendidikan

Kriteria sumber internet kelima yang bisa digunakan sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah adalah yang memiliki domain pendidikan. Domain ini biasanya digunakan oleh website dari sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan.

Website yang menggunakan domain pendidikan bisa dilihat pada bagian alamat URL yang memiliki akhiran .edu.

Pahami Cara Menulis Daftar Pustaka:

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Setelah mengetahui format dan kriteria sumber internet apa saja yang bisa Anda gunakan dalam penulisan karya ilmiah, informasi berikutnya yang penting untuk diketahui adalah cara menulisnya.

Terdapat lima cara penulisan daftar pustaka dari internet jika dilihat dari media pengambilan sumber rujukannya, yakni:

1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Website

Nama website ditulis cetak miring, Hari Bulan Tahun akses artikel website, alamat URL lengkap.

2. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Majalah atau Surat Kabar Online

Nama belakang penulis, singkatan nama depan penulis. (Tanggal rilis artikel). Judul Artikel. Nama majalah atau surat kabar yang mempublikasi. Alamat URL lengkap.

3. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Blog Pribadi

Nama belakang penulis, singkatan nama depan penulis. (Tanggal artikel dirilis). Judul artikel lengkap. Nama blog. Alamat URL.

4. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Media Sosial

Nama belakang penulis, singkatan nama depan penulis. (Tanggal postingan). 20 kata pertama pada postingan [deskripsi aspek multimedia][Jenis potongan]. Nama media sosial. Alamat URL lengkap.

5. Cara Menulis Daftar Pustaka dari YouTube

Nama belakang pembuat video, Nama depan. “Judul Video secara Lengkap.” Nama Media, Nama akun YouTube yang mengunggah, hari bulan tahun postingan, alamat URL lengkap.

Itulah uraian mengenai daftar pustaka dari internet mulai dari kriteria website hingga cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber online.

Yuk, ikuti artikel terbaru dari parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *