5 Cara Mencari Jurnal di Sinta

cara mencari jurnal di sinta

Sinta merupakan salah satu situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal ilmiah sebagai sumber rujukan dalam penelitian maupun penulisan. Namun, apakah Anda sudah mengetahui cara mencari jurnal di situs Sinta tersebut?

Dalam artikel ini, Parafrase Indonesia akan membagikan cara mencari jurnal di Sinta bagi Anda yang membutuhkan rujukan saat hendak melakukan penelitian.

Pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar Anda bisa mendapatkan setiap informasi secara keseluruhan.

Penjelasan Umum tentang Jurnal Sinta

Jurnal Sinta atau Science and Technology Index merupakan portal karya ilmiah secara daring yang dikelola langsung oleh Kemendikbud Ristek Indonesia.

Ketika mengakses situs ini, Anda akan bisa menemukan berbagai macam jurnal nasional dari berbagai macam bidang ilmu yang terakreditasi. Jurnal-jurnal yang tersedia di situs ini bisa Anda gunakan sebagai sumber rujukan dalam penelitian maupun karya tulis ilmiah.

Sebab, jurnal yang terdapat di Sinta dianggap layak untuk digunakan sebagai referensi, kredibel, dan bisa dipercaya.

Tingkatan Jurnal Sinta

Setiap jurnal yang ada di Sinta dibagi ke dalam beberapa kategori. Penetapan kategori ini dibuat berdasarkan tingkatan yang dimiliki oleh masing-masing jurnal yang tersedia di jurnal tersebut. Tingkatan dari setiap jurnal tersebut menggambarkan kualitas dan dampak yang dimiliki oleh setiap karya tulis ilmiah.

Berikut beberapa tingkatan dari jurnal yang tersedia di situs Sinta, yakni:

1. Jurnal Sinta 1

Jurnal Sinta 1 merupakan tingkatan tertinggi dari karya tulis ilmiah yang ada dalam situs ini. Tingkatan ini berisi jurnal yang memiliki nilai antara 85 hingga 100 dan mempunyai kualitas tinggi serta pengaruh besar dalam dunia akademik.

Jurnal dengan tingkatan ini menjadi sumber rujukan terbaik dan kredibel yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam penelitian maupun penulisan karya tulis ilmiah.

2. Jurnal Sinta 2

Tingkatan berikutnya yang terdapat dalam situs ini adalah Jurnal Sinta 2. Jurnal Sinta 2 biasanya berisi karya tulis ilmiah yang memiliki nilai antara 70 hingga 85.

Secara umum, kualitas jurnal pada tingkatan ini masih sangat baik dan memiliki pengaruh yang signifikan, meskipun tidak sebesar Jurnal Sinta 1. Meskipun demikian, Jurnal Sinta 2 masih bisa menjadi sumber rujukan yang kredibel dalam penulisan karya tulis ilmiah yang Anda kerjakan.

3. Jurnal Sinta 3

Jurnal Sinta 3 menjadi tingkatan selanjutnya dari karya tulis ilmiah yang ada di situs ini. Tingkatan ini berisi jurnal-jurnal yang memiliki nilai antara 60 hingga 70.

Secara kualitas, Jurnal Sinta 3 masih bisa diterima untuk digunakan dalam dunia akademik. Akan tetapi, pengaruh yang diberikan oleh Jurnal Sinta 3 tidak sebesar Jurnal Sinta 2 maupun Jurnal Sinta 1.

4. Jurnal Sinta 4

Jurnal Sinta 4 merupakan tingkatan keempat yang ada di situs ini. Tingkatan Jurnal Sinta 4 ini berisi karya tulis ilmiah yang memiliki nilai antara 50 hingga 60.

Secara kualitas, tingkatan ini memerlukan peningkatan dalam hal kualitas dan memiliki dampak yang terbatas bagi dunia akademik.

5. Jurnal Sinta 5

Tingkatan berikutnya yang terdapat dalam situs ini adalah Jurnal Sinta 5. Jurnal Sinta 5 berisi karya ilmiah yang memiliki nilai antara 40 hingga 50. Karya tulis ilmiah yang termasuk dalam tingkatan ini memerlukan perbaikan yang lebih lanjut dan memiliki dampak yang sangat terbatas.

6. Jurnal Sinta 6

Tingkatan terakhir sekaligus terendah dari karya tulis ilmiah yang ada di situs ini adalah Jurnal Sinta 6. Jurnal Sinta 6 berisi karya tulis ilmiah yang memiliki nilai antara 30 hingga 40.

Kategori ini memerlukan perbaikan yang signifikan dalam hal kualitas sehingga tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah.

Keunggulan Jurnal Sinta

Terdapat beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika mengakses jurnal di Sinta, yakni:

1. Terhubung dengan Situs Pencarian Jurnal Lain

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Sinta adalah situs yang terhubung dengan laman pencarian jurnal lainnya. Beberapa situs penyedia jurnal lain yang terhubung dengan Sinta di antaranya Google Scholar, Scopus, Indeks Publikasi Ilmiah atau IPI, dan Inasti.

Dengan demikian, Anda bisa menemukan jurnal yang jauh lebih banyak ketika menggunakan situs ini untuk mencari referensi tersebut.

2. Pengukuran Kualitas Jurnal

Seperti yang sudah dijabarkan pada bagian sebelumnya, terdapat beberapa tingkatan yang membagi kategori jurnal yang ada di Sinta.

Hal ini membuat setiap jurnal yang ada di situs tersebut diukur kualitas yang dimilikinya. Pengukuran ini tentu bisa membantu pengguna untuk memilih sumber rujukan jurnal terbaik untuk mereka gunakan sebagai referensi rujukan.

3. Kredibel dan Terpercaya

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pengukuran kualitas yang ada di situs Sinta membuat koleksi jurnal yang ada di laman tersebut bisa dipercaya dan terjamin kredibilitasnya.

Semakin baik tingkatan sebuah jurnal, maka semakin kredibel juga informasi yang tercantum dalam karya ilmiah tersebut, sehingga dapat digunakan sebagai sumber rujukan.

4. Mendukung Penelitian Lokal di Indonesia

Keunggulan terakhir dari jurnal yang ada di Sinta adalah mendukung penelitian lokal yang ada di Indonesia. Secara umum, jurnal yang ada di Sinta merupakan terbitan nasional yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya.

Hal ini tentu membuka peluang bagi para peneliti yang ada di Indonesia untuk lebih mudah mempublikasikan penelitian yang sudah mereka kerjakan tanpa perlu mengalih bahasakan ke dalam bahasa asing.

Dengan demikian, penelitian lokal bisa dipublikasikan dengan baik dan diketahui oleh banyak pembaca.

Langkah-Langkah Mencari Jurnal di Sinta

Setelah memahami beberapa hal tentang Sinta, informasi terakhir yang penting untuk Anda ketahui adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika ingin mencari jurnal di situs tersebut.

Adapun beberapa langkah yang bisa Anda gunakan ketika ingin mencari jurnal di Sinta adalah:

1. Mengunjungi Situs atau Web Resmi Sinta

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencari jurnal di Sinta adalah dengan mengunjungi situs atau web resmi dari laman tersebut. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik agar bisa mengakses situs ini tanpa adanya gangguan lain.

Anda bisa mengunjungi situs resmi Sinta yang beralamat di https://sinta.kemdikbud.go.id/.

2. Buat Akun

Cara mencari jurnal di Sinta berikutnya yakni membuat akun terlebih dahulu. Pada dasarnya, Anda bisa mengakses laman Sinta tanpa perlu memiliki akun.

Meskipun demikian, Anda akan lebih mudah dalam mengakses Sinta saat sudah memiliki akun yang terdaftar di situs pencarian jurnal tersebut. Anda bisa menggunakan e-mail yang aktif untuk membuat akun dan terdaftar sebagai salah satu pengguna di situs Sinta.

Cari Juga Jurnal Ilmiah di Situs Berikut:

3. Melakukan Pencarian Jurnal

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pencarian jurnal. Anda bisa memasukkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom pencarian yang tersedia di laman awal Sinta.

Pastikan juga untuk mengganti variabel yang ada di sisi kiri kolom pencarian menjadi ‘Journal’ agar hasil pencarian langsung merujuk kepada jurnal. Sebab jika Anda tidak mengatur ini terlebih dahulu, hasil pencarian akan otomatis merujuk kepada nama penulis karya tulis ilmiah terlebih dahulu.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur pencarian lanjutan yang tersedia di situs ini. Pada bagian pencarian lanjutan ini Anda bisa mencantumkan informasi yang lebih detail selain kata kunci yang digunakan, seperti nama jurnal, tahun publikasi, dan lainnya.

4. Sortir Hasil Pencarian

Setelah menentukan kata kunci yang diinginkan, Anda bisa memulai pencarian jurnal pada laman Sinta.

Nantinya Anda akan menemukan berbagai macam hasil pencarian jurnal yang relevan dengan kata kunci yang digunakan.

Anda bisa menyortir hasil pencarian tersebut untuk menemukan jurnal yang dirasa cocok untuk digunakan sebagai sumber rujukan dalam penelitian yang akan dilakukan.

5. Akses Jurnal yang Ingin Digunakan

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memilih jurnal yang akan digunakan sebagai sumber penelitian. Cukup klik bagian judul jurnal yang sudah ditentukan sebelumnya, lalu Anda dapat mengunduhnya secara gratis agar bisa dibaca dan dipelajari dengan lebih leluasa.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa sebagian besar jurnal yang ada di Sinta bisa diakses tanpa berbayar. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa jurnal yang berbayar, sehingga memerlukan biaya tambahan untuk bisa diakses secara keseluruhan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan ketika ingin mencari jurnal ilmiah dengan menggunakan Sinta.

Dapatkan informasi dan tips menarik lainnya dengan membaca artikel-artikel parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia.

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *