Cara Mencari Referensi Jurnal yang Terakreditasi di DOAJ

cara mencari referensi jurnal

DOAJ merupakan salah satu situs direktori yang banyak digunakan oleh para pengguna untuk menemukan sumber rujukan, seperti jurnal dan lainnya. Apakah Anda sudah mengetahui cara mencari referensi jurnal yang ada di DOAJ?

Dengan mencari referensi pada situs DOAJ, Anda akan sangat terbantu dalam proses penelitian dan penulisan karya ilmiah. Terlebih, jurnal yang ada pada situs tersebut telah terjamin kualitas dan kredibilitasnya, sehingga membuat penelitian maupun penulisan ilmiah yang Anda kerjakan bisa menghasilkan karya yang kredibel.

Dalam artikel ini, Parafrase Indonesia akan membagikan beberapa cara mencari referensi jurnal yang terakreditasi di DOAJ. Namun, sebelum membahas hal tersebut secara lebih jauh, simak terlebih dahulu pengenalan umum tentang DOAJ pada bagian berikut ini!

Apa Itu DOAJ?

DOAJ atau Directory of Open Access Journals merupakan situs direktori yang menyediakan basis data jurnal yang ada di seluruh dunia. Terdapat ribuan jurnal dan jutaan artikel yang bisa Anda gunakan sebagai sumber rujukan ketika mengakses situs yang satu ini.

Tidak hanya itu, DOAJ juga memberikan skor kepada jurnal-jurnal tersebut dalam proses pengindeksannya.

Dengan demikian, para pengguna bisa mengetahui kualitas jurnal yang ingin mereka gunakan berdasarkan nilai atau skor yang tertera pada situs direktori tersebut.

Keunggulan Jurnal yang Terakreditasi DOAJ

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika sebuah jurnal sudah terindeks atau terakreditasi pada DOAJ. Keuntungan ini tidak hanya didapatkan oleh penerbit maupun pengelola jurnal saja, tetapi juga bisa dirasakan oleh para penggunanya.

1. Mendapatkan Angka Kredit

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika menerbitkan jurnal yang terakreditasi DOAJ adalah mendapatkan angka kredit. Keunggulan ini bisa memberikan dampak positif khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang dosen.

Menerbitkan jurnal bisa menambah angka kredit atau nilai KUM bagi seorang dosen. Nilai KUM ini nantinya akan berpengaruh pada pengembangan karier dosen tersebut di dunia akademik.

Dengan menerbitkan jurnal yang terakreditasi DOAJ, seorang dosen bisa mendapatkan tambahan angka kredit hingga 20 poin. Makin banyak jurnal yang diterbitkan, tentu juga akan berdampak baik bagi peningkatan karier Anda sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi.

2. Meningkatkan Reputasi Jurnal

Keunggulan berikutnya dari jurnal yang terakreditasi DOAJ adalah bisa meningkatkan reputasi jurnal tersebut. Jika sebuah jurnal sudah terindeks di DOAJ, maka proses akreditasi jurnal tersebut juga akan lebih mudah di kemudian hari.

Hal ini disebabkan oleh sulitnya sebuah jurnal bisa terindeks DOAJ. Dengan demikian, sebuah jurnal yang sudah terindeks DOAJ bisa terjamin kualitas serta reputasinya.

3. Meningkatkan Kunjungan Situs Web

Masih dari sudut pandang pengelola atau penerbit jurnal, terindeks di DOAJ juga bisa berpengaruh pada meningkatnya kunjungan situs web jurnal tersebut.

Sebab, bisa jadi banyak pengguna DOAJ justru menemukan situs dari jurnal yang sudah terindeks di laman tersebut. Dengan demikian, situs jurnal bisa mendapatkan peningkatan kunjungan dari pengguna yang mengakses laman DOAJ sebelumnya.

4. Mempermudah Pencarian Referensi

Jurnal yang terindeks DOAJ juga bisa memudahkan para pengguna untuk melakukan pencarian referensi, baik untuk penelitian maupun penulisan karya tulis ilmiah. Para pengguna tidak perlu mencari satu per satu jurnal yang mereka butuhkan sebagai sumber rujukan.

Dengan mengakses laman DOAJ, para pengguna bisa lebih mudah dalam menemukan jurnal maupun sumber rujukan yang mereka butuhkan dengan hanya mencantumkan kata kunci yang relevan pada kolom pencarian di situs tersebut.

5. Pengelolaan Jurnal yang Lebih Baik

Keunggulan terakhir dari jurnal yang terindeks DOAJ adalah bisa mendorong para penerbit jurnal untuk meningkatkan pengelolaan agar lebih baik lagi. Hal ini bertujuan agar jurnal tersebut bisa memenuhi kualifikasi standar dari DOAJ.

Dengan demikian, jurnal tersebut bisa terindeks DOAJ dan bisa mendapatkan banyak manfaat.

Cara Mencari Referensi Jurnal Terakreditasi di DOAJ

Bagi Anda yang ingin mencari jurnal terakreditasi di DOAJ, terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut, yakni:

1. Mengunjungi Situs DOAJ

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi DOAJ. Anda bisa mengunjungi situs resmi DOAJ dengan mengakses laman https://doaj.org/.

2. Tentukan Referensi yang Ingin Dicari

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Setelah mengunjungi situs DOAJ, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jenis referensi yang ingin dicari. Terdapat dua jenis referensi yang bisa dipilih ketika ingin mencari sumber rujukan di situs ini, yaitu jurnal dan artikel jurnal.

Pilihan ini nantinya akan berpengaruh pada kata kunci yang Anda gunakan agar bisa menampilkan hasil pencarian yang lebih spesifik.

Ingin Mencari Jurnal dari Situs Lain?

3. Mengisi Kolom Pencarian

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah mengisi kolom pencarian yang tersedia di situs tersebut. Pada kolom pencarian ini, Anda bisa memasukkan kata kunci yang relevan dengan tema bahasan yang ingin dicari referensi jurnalnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pencarian dengan spesifik dengan cara memilih ‘In all fields’ yang ada di sisi kanan kolom pencarian. Pada bagian ini, Anda bisa mengganti pilihan pencarian agar lebih spesifik, seperti judul, nama jurnal, nomor ISSN, hingga nama penerbit jurnal.

Jika setiap informasi yang ingin Anda cari dirasa sudah cukup, maka selanjutnya klik kolom ‘Search’ yang ada di sisi paling kanan bagian pencarian.

4. Sortir Hasil Pencarian

Nantinya Anda akan menemukan berbagai macam jurnal yang relevan dengan kata kunci yang digunakan pada kolom pencarian sebelumnya. Anda tinggal menyortir dan memilih jurnal apa saja yang sekiranya ingin digunakan.

Tips agar Jurnal Lolos DOAJ

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, terdapat beragam manfaat ketika sebuah jurnal berhasil terindeks di DOAJ. Hal ini membuat banyak sekali jurnal yang berlomba-lomba agar bisa lolos dan terindeks di situs ini.

Meskipun demikian, tidak mudah bagi sebuah jurnal bisa terindeks DOAJ begitu saja. Sebab, seleksi maupun kualifikasi dari DOAJ cukup ketat, sehingga tidak sembarangan jurnal yang bisa langsung terindeks pada direktori tersebut.

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar jurnal yang dimiliki bisa lolos akreditasi DOAJ, yakni:

1. Memilih Bidang Ilmu yang Ada di DOAJ

Hal pertama yang bisa Anda gunakan agar sebuah jurnal bisa lolos DOAJ adalah menggunakan bidang ilmu yang mencakup direktori tersebut.

Beberapa bidang ilmu yang mencakup direktori DOAJ di antaranya psikologi, filsafat, geografi, antropologi, hukum, bahasa dan sastra, teknologi, kesehatan, dan lainnya. Dengan memilih bidang ilmu ini, besar kemungkinan jurnal yang Anda kelola bisa terindeks di DOAJ.

2. Open Access

Tips berikutnya yang mesti Anda terapkan adalah dengan membuka akses atau open access jurnal yang dikelola. Hal ini bertujuan agar setiap orang bisa mengakses jurnal tersebut secara bebas.

Selain itu, pastikan juga setiap artikel memiliki link URL tersendiri, sehingga bisa lebih mudah diakses oleh para pengguna.

3. Memiliki Editor dan Dewan Editor

Tips berikutnya agar jurnal bisa lolos dan terindeks DOAJ adalah memiliki editor serta dewan editor. Pastikan untuk memilih orang-orang yang kompeten di posisi ini agar kualitas dari jurnal yang dikelola bisa terjaga dan terpercaya.

4. Memiliki Ketentuan CC License

Tips terakhir agar sebuah jurnal bisa terindeks DOAJ adalah memiliki ketentuan CC Lisence atau Creative Common License. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada ketentuan penggunaan dari jurnal tersebut oleh para pengguna.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui terkait DOAJ, mulai dari pengertian, keunggulan, cara mencari jurnal, hingga tips agar sebuah jurnal bisa terindeks situs direktori tersebut.

Ikuti terus artikel terbaru yang ada di parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *