Cara Mencari Buku di Perpustakaan Nasional secara Offline dan Online

cara mencari buku di perpustakaan nasional

Masih bingung bagaimana cara mencari buku di Perpustakaan Nasional? Yuk, simak artikel dari Parafrase Indonesia berikut ini!

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas merupakan salah satu tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari referensi yang dibutuhkan dalam penelitian maupun penulisan karya ilmiah.

Perpusnas yang menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia tentu memiliki banyak sekali koleksi yang bisa dimanfaatkan sumber rujukan, baik dalam bentuk buku maupun yang lainnya.

Kali ini, Parafrase Indonesia akan membagikan informasi terkait bagaimana cara menemukan buku di Perpusnas baik secara offline maupun online. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga bagian akhir agar Anda bisa memahami setiap penjelasan yang dipaparkan.

Penjelasan Umum tentang Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang menjalankan tugas di bidang perpustakaan. Anda bisa datang langsung ke Perpusnas yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta dan beroperasi setiap hari kecuali libur nasional dan cuti bersama.

Pada Senin hingga Jumat, jam operasional Perpusnas dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Sementara itu, jam operasional Perpusnas pada Sabtu dan Minggu dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.30 WIB.

Banyak koleksi dari Perpustakaan Nasional yang bisa Anda manfaatkan, baik untuk penelitian maupun penulisan karya tulis ilmiah. Terdapat dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mencari buku di Perpustakaan Nasional, yakni secara offline maupun online.

Cara Mencari Buku di Perpustakaan Nasional secara Offline

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mencari buku di Perpustakaan Nasional secara offline adalah:

1. Datang ke Lokasi Perpusnas

Seperti namanya, jika Anda ingin mencari buku di Perpustakan Nasional secara offline, maka tentu harus datang ke lokasi Perpusnas secara langsung.

Pastikan agar Anda datang ke lokasi sesuai dengan jam operasional dari perpustakaan yang satu ini. Dengan demikian, Anda bisa mencari buku yang diinginkan dengan maksimal tanpa perlu khawatir karena datang di waktu yang tidak tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua lantai yang ada di Perpusnas melayani peminjaman buku. Meskipun terdiri dari 24 lantai, hanya beberapa lantai saja yang bisa pengunjung manfaatkan untuk meminjam buku. Adapun lantai Perpusnas yang memberikan layanan peminjaman buku adalah 7, 21, dan 22.

2. Mengakses Katalog Online atau OPAC

Setelah sampai di lokasi Perpusnas, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengakses katalog online atau OPAC dari perpustakaan tersebut.

Anda bisa mengakses katalog online ini di bagian layanan komputer yang tersedia di Perpustakaan Nasional. Selain itu, Anda juga bisa mengakses OPAC Perpusnas dari perangkat pribadi yang dimiliki dengan mengunjungi situs https://opac.perpusnas.go.id/.

3. Melakukan Pencarian Buku

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pencarian buku ketika sudah membuka layanan OPAC dari Perpusnas. Anda bisa memasukkan kata kunci pada bagian kolom pencarian yang ada di layanan OPAC yang tersedia di laman awal situs tersebut.

Para pengguna juga bisa menentukan jenis kata kunci yang berkaitan dengan buku yang ingin dicari, baik itu judul, nama pengarang, tahun terbit, hingga nama penerbit.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari koleksi lain selain buku ketika mengakses situs OPAC ini. Beberapa koleksi lain yang bisa Anda cari di OPAC Perpusnas di antaranya manuskrip, rekaman video, monograf, dan lainnya.

Kesulitan Mencari Referensi? Simak Artikel Berikut:

4. Cetak Info Nomor Klasifikasi Buku

Setelah menemukan buku yang ingin Anda cari, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencetak info dari pencarian tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui nomor klasifikasi buku yang ingin dicari.

Dengan demikian Anda bisa mendapatkan cetakan dari informasi tersebut tanpa perlu mencatatnya di kertas maupun media lainnya.

5. Mencari Buku di Rak Koleksi

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencari buku yang akan digunakan di rak koleksi. Pastikan untuk mencari buku sesuai dengan informasi yang sudah Anda cetak sebelumnya.

6. Peminjaman Buku

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Setelah menemukan buku yang diinginkan di rak koleksi, Anda bisa menggunakan buku tersebut sesuai dengan keperluan masing-masing. Anda bisa membaca koleksi buku ini di tempat baca yang sudah tersedia di beberapa titik yang ada di Perpusnas.

Selain itu, Anda juga bisa meminjam buku tersebut jika waktu baca yang ada di Perpusnas tidak memungkinkan. Anda perlu menyiapkan kartu anggota Perpusnas dan KTP agar bisa meminjam buku tersebut.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa hanya anggota perpustakaan yang berdomisili di sekitar Jabodetabek saja yang bisa meminjam buku Perpusnas secara langsung.

Bagi Anda yang baru pertama kali meminjam buku di Perpusnas, maka bisa langsung mengurus proses peminjaman ke petugas. Jika sudah pernah meminjam buku sebelumnya, maka bisa menggunakan anjungan peminjaman mandiri untuk meminjam buku selanjutnya.

Koleksi buku yang ada di Perpusnas bisa dipinjam oleh anggota perpustakaan selama tujuh hari. Meskipun demikian, Anda bisa mengajukan perpanjangan pada sehari sebelum masa peminjaman berakhir.

Cara Mencari Buku di Perpustakaan Nasional secara Online

Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan ketika ingin mencari buku di Perpustakaan Nasional secara online, yakni:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi iPusnas

Hal pertama yang mesti Anda lakukan agar bisa mencari buku di Perpusnas Nasional secara online adalah dengan mengunduh aplikasi iPusnas di perangkat masing-masing.

Anda bisa memasang aplikasi iPusnas di smartphone maupun laptop atau PC masing-masing. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan dalam proses pemasangannya.

2. Buat Akun

Setelah proses unduh dan pemasangan iPusnas selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat akun di aplikasi tersebut.

Anda bisa membuat akun iPusnas dengan mendaftarkan e-mail aktif yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa membuat akun pengguna dengan menggunakan Facebook pribadi masing-masing.

3. Cari Buku yang Anda Inginkan

Anda sudah bisa mengakses aplikasi iPusnas secara keseluruhan setelah selesai membuat akun. Terdapat banyak koleksi buku dari berbagai macam bidang berbeda yang bisa Anda dapatkan ketika mengakses aplikasi ini.

Bagi yang ingin mencari buku tertentu, Anda bisa langsung membuka laman pencarian yang tersedia di aplikasi tersebut. Kemudian Anda bisa memasukkan kata kunci yang sesuai dengan buku yang ingin dicari. Nantinya, Anda akan mendapatkan buku yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan pada kolom pencarian sebelumnya.

4. Meminjam Buku

Setelah menemukan buku yang diinginkan, Anda bisa meminjam dan membaca ebook-nya secara langsung. Meskipun demikian, terkadang terdapat beberapa buku yang tidak tersedia karena sudah memenuhi batas peminjaman. Jika Anda mengalami hal ini, maka bisa masuk ke dalam daftar tunggu terlebih dahulu sebelum bisa mengakses buku yang diinginkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencari buku di Perpustakaan Nasional, baik secara offline maupun online. Sudah tidak bingung lagi ketika ingin mencari buku di Perpusnas, bukan?

Yuk, baca artikel-artikel selanjutnya di parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia.com untuk mendapatkan tips serta informasi menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *