4 Cara Menerbitkan Buku Monograf Digital

Buku monograf merupakan karya ilmiah yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi tanggung jawab sebagai dosen.

Saat ini, publikasi tak hanya berupa buku cetak, melainkan juga berbentuk digital (e-book monograf) yang tentu lebih mudah dan praktis.

Lalu, bagaimanakah cara menerbitkan e-book monograf yang bisa meningkatkan karier akademik?

Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa Keunggulan Buku Monograf Digital?

Monograf merupakan buku yang membahas tentang satu topik tertentu dalam suatu bidang keilmuan. Satu topik tertentu ini akan dibahas secara mendalam berdasarkan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang penulis.

Pembahasan dalam monograf harus berdasarkan hasil penelitian sehingga memiliki landasan yang kuat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Sekarang, Anda bisa menerbitkan monograf dalam dua bentuk berbeda, yakni fisik dan digital. Seorang penulis bisa memilih bentuk terbitan dari kedua jenis tersebut. Tak jarang, seorang penulis juga menerbitkan monograf dalam bentuk fisik maupun digital sekaligus.

Kedua jenis monograf ini memiliki keunggulannya masing-masing. Misalnya bagi seorang penulis, pemasaran e-book monograf tentu jauh lebih mudah untuk dilakukan. Penulis hanya perlu mempromosikan monograf digital melalui media sosial atau platform lain yang dia miliki.

Selain itu, penulis bisa menyematkan tautan untuk mendapatkan e-book monograf yang sudah dibuat. Dengan demikian, para pembaca bisa langsung membeli dan membaca e-book secara langsung tanpa perlu menunggu proses pengiriman terlebih dahulu.

Cara Menerbitkan Buku Monograf Digital

Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk menerbitkan karya tulis ilmiah yang satu ini, yakni:

1. Perhatikan Format dan Struktur Buku Monograf

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan format dan struktur monograf. Format ini mencakup berbagai hal, seperti ukuran kertas, jenis dan ukuran huruf, margin halaman, jarak spasi, dan ketentuan teknis lainnya. Sementara itu, struktur monograf bisa dibagi ke dalam empat bagian, yakni prolog atau pendahuluan, pembahasan hasil penelitian, kesimpulan, dan daftar pustaka.

2. Sesuaikan Naskah Anda dengan Standar Monograf

Setelah mengetahui format dan struktur monograf, maka pastikan naskah Anda sesuai dengan standar dan karakteristik monograf.

Adapun beberapa karakteristik yang harus Anda penuhi antara lain, tulisan harus berdasarkan hasil penelitian ilmiah, ditujukan untuk target pembaca yang tepat, memiliki alur logika keilmuan yang jelas, menggunakan bahasa yang formal, dan aspek-aspek serupa lainnya.

Pastikan naskah yang Anda buat sudah mencantumkan semua karakteristik tersebut agar sesuai dengan standar dari monograf.

Pelajari tentang Buku Monograf:

3. Pilih Penerbit Buku Digital yang Berkualitas

Tahapan berikutnya yang harus Anda lakukan untuk menerbitkan e-book monograf adalah memilih penerbit yang berkualitas.

Anda tentu kesulitan jika harus menerbitkan buku secara mandiri bukan?

Apalagi terdapat kriteria yang harus Anda perhatikan, salah satunya yakni memilih penerbit yang bisa memberikan ISBN untuk buku karya Anda.

Jika Anda asal memilih penerbit, tentu tidak menjamin kualitas buku Anda nantinya.

4. Promosikan Buku Digital Anda

Tahapan terakhir yang harus Anda lakukan untuk menerbitkan e-book monograf adalah mempromosikan karya ilmiah tersebut ketika sudah berhasil terbit.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Anda bisa mempromosikan melalui media sosial atau meminta bantuan dari orang-orang terdekat untuk ikut mempromosikan monograf digital yang sudah dibuat. Dengan demikian, karya ilmiah yang Anda miliki bisa menjangkau lebih banyak pembaca.

Tips Menerbitkan Buku Monograf Hasil Penelitian

Dari penjelasan di atas, bisa Anda ketahui bahwa terdapat beberapa tahapan untuk menerbitkan e-book monograf.

Meski berperan besar dalam penambahan angka kredit, seorang dosen terkadang kesulitan dalam menerbitkan monograf

Keterbatasan waktu dan padatnya aktivitas dosen sering menjadi penghalang dalam menghasilkan karya monograf. Terlebih, monograf harus disusun berdasarkan penelitian ilmiah, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan.

Namun perlu Anda ketahui, sebenarnya dosen bisa menerbitkan buku monograf tanpa perlu melakukan penelitian dari awal. Anda bisa memanfaatkan naskah penelitian yang sudah dimiliki, seperti tesis, disertasi, artikel jurnal, dan naskah hasil penelitian lainnya untuk dikonversi menjadi buku monograf.

Untuk itu, Parafrase Indonesia hadir dengan Layanan Parafrase Konversi guna mendukung percepatan kenaikan karier dosen.

Tak perlu menghabiskan banyak waktu, Anda cukup mengirimkan karya ilmiah kepada Kami, lalu tim profesional bersertifikasi BNSP dari Kami akan mengonversi karya ilmiah Anda menjadi buku monograf yang berkualitas dan sesuai standar Dikti.

Kami juga memberikan garansi hingga naskah Anda lolos ISBN.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kirimkan naskah pada Kami agar buku Anda segera terpublikasi!

Ingin tahu detail layanan lebih lanjut? Klik di sini!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Dhea Salsabila
Dhea Salsabila
SEO Specialist dan Content Editor di Parafrase Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *