Template Artikel Jurnal, dari Pengertian hingga Link Download

Template artikel jurnal

Template artikel jurnal merupakan salah satu cara yang bisa mempermudah penulis dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah. Apakah Anda pernah menggunakan template artikel jurnal ini sebelumnya?

Dalam artikel ini, Parafrase Indonesia akan mengupas tuntas seputar template artikel jurnal, mulai dari pengertian hingga link download yang bisa digunakan.

Pastikan untuk membaca artikel ini hingga bagian akhir agar Anda bisa mendapatkan setiap informasi yang ada secara keseluruhan.

Apa Itu Template Artikel Jurnal?

Template artikel jurnal merupakan format yang diterbitkan oleh penerbit jurnal yang bisa menjadi acuan bagi para penulis untuk membuat karya tulis ilmiah.

Biasanya, setiap penerbit jurnal akan memiliki template yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda harus mencari informasi terkait penerbit jurnal terlebih dahulu agar bisa menggunakan template yang sesuai saat mengerjakan sebuah tulisan ilmiah.

Pentingnya Penggunaan Template Artikel Jurnal

Terdapat beberapa alasan terkait pentingnya penggunaan template artikel jurnal ketika membuat artikel jurnal, yakni:

1. Mempermudah Proses Penulisan

Anda akan mendapat kemudahan dalam menulis jurnal jika menggunakan template yang sudah disediakan. Sebab, template jurnal akan memberikan panduan bagi Anda terkait pembahasan apa saja yang perlu dicantumkan dalam artikel jurnal tersebut.

Jadi, Anda tidak perlu pusing lagi dalam menentukan kerangka penulisan yang akan dikerjakan.

2. Memenuhi Standard yang Sesuai dengan Format Penulisan Artikel Jurnal

Template jurnal juga akan mempermudah penulis untuk memenuhi standard yang sesuai dengan format penulisan yang berlaku. Biasanya, template ini akan disesuaikan dengan aturan yang ada di lembaga atau penerbit terkait.

Dengan demikian, tulisan yang Anda buat akan sesuai dengan format tersebut jika mengikuti template artikel yang sudah ada.

3. Meningkatkan Kredibilitas Artikel

Anda juga bisa meningkatkan kredibilitas artikel ketika menggunakan template penulisan. Hal ini akan membuat artikel jurnal yang Anda buat bisa dipercaya dan kredibel untuk digunakan dalam dunia ilmiah.

4. Mempermudah Proses Review

Template artikel jurnal juga akan mempermudah editor dalam melakukan review pada sebuah karya tulis ilmiah. Artikel yang Anda buat akan semakin cepat untuk diterima jika menerapkan template dalam penulisannya.

5. Menciptakan Keseragaman

Alasan terakhir dari pentingnya penggunaan template artikel jurnal adalah untuk menciptakan keseragaman.

Hal ini karena dalam suatu jurnal biasanya akan berisi beberapa artikel berbeda. Penggunaan template memungkinkan setiap artikel akan menggunakan format penulisan yang seragam.

Artikel Terkait untuk Memudahkan Menyusun Artikel Jurnal:

Format Template Artikel Jurnal

Secara umum, format penulisan pada template artikel jurnal bisa dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu bagian depan, bagian tubuh, dan bagian belakang.

1. Bagian Depan

Bagian depan merupakan format penulisan paling awal yang bisa Anda temukan dalam template artikel jurnal. Pada bagian ini, Anda bisa menemukan informasi penting terkait artikel jurnal tersebut.

Adapun beberapa informasi yang ada di bagian depan adalah:

a. Judul

Informasi pertama yang terdapat pada bagian awal artikel jurnal adalah judul. Ketika Anda menulis artikel jurnal, usahakan untuk menuliskan judul yang menggambarkan seluruh pembahasan dan ditulis dengan kalimat yang menarik.

Hal ini bertujuan agar para pembaca bisa tertarik untuk membaca artikel jurnal yang Anda buat.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Selain itu, jangan gunakan kalimat yang ambigu atau multitafsir, sehingga pembaca tidak kebingungan ketika membaca artikel jurnal yang Anda buat.

b. Uraian Singkat Isi Jurnal

Informasi berikutnya adalah uraian singkat tentang isi tulisan ilmiah tersebut. Pada bagian ini, Anda bisa menjelaskan secara singkat pembahasan yang ada dalam karya tulis ilmiah yang dibuat.

Dengan demikian, para pembaca bisa mengetahui gambaran umum dari tulisan ilmiah yang ada dalam artikel jurnal tersebut.

c. Nama Penulis

Nama penulis merupakan informasi terakhir yang ada pada bagian depan artikel jurnal. Biasanya, sebuah artikel jurnal ditulis oleh satu orang atau lebih.

Nama penulis bisa menjadi acuan bagi para pembaca untuk mengetahui siapa pembuat tulisan ilmiah yang sedang mereka baca. Tidak hanya itu, para pembaca juga bisa berdiskusi dengan penulis terkait hasil tulisan yang sudah dia publikasikan.

Sebab, biasanya penulis juga akan mencantumkan alamat e-mail pribadi pada bagian ini.

2. Bagian Tubuh

Bagian tubuh merupakan format penulisan berikutnya yang bisa Anda temukan dalam template artikel jurnal. Pada bagian ini, Anda akan mendapatkan informasi inti dari karya tulis tersebut.

Adapun beberapa pembahasan yang ada pada bagian tubuh artikel jurnal adalah:

a. Abstrak

Abstrak merupakan gambaran umum tentang penulisan yang ada dalam sebuah artikel jurnal. Sekilas, abstrak mungkin sedikit mirip dengan uraian singkat yang ada pada bagian sebelumnya.

Akan tetapi, pembahasan dalam abstrak akan jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan uraian singkat tersebut. Pada bagian abstrak, Anda tidak hanya menemukan informasi terkait pembahasan secara umum, tetapi juga proses dan metode yang dilakukan oleh penulis selama menjalankan riset.

Pada bagian ini juga terdapat beberapa kata kunci yang berhubungan dengan pembahasan artikel jurnal tersebut.

b. Pendahuluan

Bagian berikutnya yang bisa Anda temukan adalah pendahuluan. Informasi yang terdapat pada pendahuluan berisi tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, hingga tujuan dari penulisan artikel ilmiah tersebut.

c. Metode Penelitian

Pembahasan selanjutnya pada bagian tubuh artikel jurnal adalah metode penelitian. Pada bagian ini, penulis akan menjabarkan metode apa saja yang dia terapkan selama proses riset maupun penulisan artikel jurnal yang sudah dipublikasikan.

d. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil Penelitian dan pembahasan merupakan informasi inti pada bagian tubuh artikel jurnal. Pada struktur ini, penulis akan menjabarkan seluruh temuan yang sudah dia dapatkan selama melakukan riset untuk penulisan artikel.

3. Bagian Belakang

Bagian belakang merupakan format terakhir yang terdapat pada template artikel jurnal. Seperti namanya, bagian ini berada di belakang dalam sebuah penulisan artikel jurnal.

Terdapat dua pembahasan dalam bagian ini, yakni:

a. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan saran merupakan pembahasan pertama yang ada pada bagian belakang artikel jurnal. Pada struktur ini, penulis akan menyimpulkan seluruh penulisan yang sudah dia bahas pada bagian sebelumnya.

Selain itu, penulis juga bisa menuliskan saran terkait hasil penulisan yang sudah dia kerjakan.

b. Daftar Pustaka

Pembahasan terakhir yang terdapat pada bagian ini adalah daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan kumpulan sumber rujukan yang digunakan oleh seorang penulis dalam mengerjakan artikel jurnal.

Penulis wajib mencantumkan daftar pustaka dengan baik dan benar agar karya tulis ilmiah yang dibuat terhindar dari adanya indikasi plagiarisme.

Link Download Template Artikel Jurnal

Berikut beberapa link download template artikel jurnal yang bisa Anda gunakan ketika melakukan penulisan.

1. https://greenpublisher.id/blog/wp-content/uploads/2022/04/ijere-1.docx 

2. https://drive.google.com/file/d/1_AjvVIjFQEInB6xcnNfd3FBJsL_Rp6SL/view 

3. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/manuscripttemplate 

4. https://drive.google.com/file/d/1SAIq_YS7R0jVaXMTxONZ9ICyL1OYcECb/view 

5. https://drive.google.com/file/d/1SAIq_YS7R0jVaXMTxONZ9ICyL1OYcECb/view 

6. https://drive.google.com/file/d/12jTJV95s0KRhJVsnXdXaqj3NE4eX9UUa/view 

7. https://universitasputrabangsa.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/Template-Jurnal.docx 

8. http://ktp.fip.unp.ac.id/wp-content/uploads/2018/09/TEMPLATE-ARTIKEL.pdf 

9. https://jurnal.dpr.go.id/public/journals/1/Template-JEKP_Quantitative.doc 

10. https://lp2m.um.ac.id/pdf/Templete%20%20karinov.doc 

Itulah pembahasan lengkap tentang template artikel jurnal, mulai dari pengertian hingga link download yang bisa Anda gunakan ketika melakukan penulisan ilmiah.

Ikuti artikel terbaru dari parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *