Tips Memilih Jasa Pembuatan Tesis Menjadi Buku Monograf

jasa pembuatan tesis menjadi buku monograf

Ingin cepat meningkatkan jabatan fungsional dengan menerbitkan buku hasil penelitian? Ubah saja tesis Anda menjadi buku monograf! Kali ini Parafrase Indonesia akan membantu Anda untuk memilih jasa pembuatan tesis menjadi buku monograf agar karya Anda menjadi lebih berkualitas.

Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Buku Monograf?

Sebelum mengetahui jasa pembuatan karya tulis ilmiah dari konversi tesis yang sudah dikerjakan sebelumnya, Anda mesti memahami terlebih dahulu penjelasan terkait apa yang dimaksud dengan buku monograf. Dengan demikian, Anda bisa memahami dengan maksimal bentuk publikasi ilmiah hasil konversi naskah penelitian tesis ini nantinya.

Secara umum, buku monograf bisa diartikan sebagai karya tulis ilmiah dalam bentuk buku yang membahas satu topik dalam sebuah bidang keilmuan. Tema bahasan yang ada di dalam buku monograf ini sangat spesifik sesuai dengan kompetensi dan bidang keilmuan yang ditekuni oleh penulisnya.

Misalnya, ketika Anda menjadi seorang dosen di bidang ilmu sejarah, maka terdapat banyak sekali tema-tema spesifik yang bisa dibahas, seperti sejarah lokal masing-masing daerah, biografi tokoh, dan lainnya. Tema-tema spesifik inilah yang nantinya akan dibahas dalam proses pengerjaan sebuah buku monograf.

Biasanya pembahasan yang terdapat dalam buku monograf ini berdasarkan pada hasil penelitian ilmiah yang sudah dikerjakan oleh penulis sebelumnya. Berdasarkan hal inilah, konversi naskah penelitian tesis ke dalam bentuk buku monograf bisa menjadi salah satu pilihan karena sesuai dengan proses pengerjaan karya tulis ilmiah tersebut.

Salah satu kelebihan dari buku monograf ini adalah pembahasan sebuah tema yang spesifik dan mendalam. Tidak jarang, buku monograf ini seringkali digunakan sebagai materi maupun referensi pembelajaran yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang dibahas di dalamnya.

Mengapa Anda Perlu Mengubah Tesis Menjadi Buku Monograf?

Lalu mengapa Anda sebagai seorang dosen perlu mengubah naskah penelitian tesis menjadi sebuah buku monograf? Alasan mengapa seorang dosen perlu melakukan hal ini adalah agar bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dari publikasi ilmiah dalam bentuk buku monograf tersebut.

Adapun beberapa manfaat yang akan didapatkan seorang dosen ketika mengubah tesis yang sudah dikerjakan sebelumnya ke dalam bentuk buku monograf adalah.

1. Meningkatkan Angka Kredit Dosen

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan ketika mengubah tesis menjadi buku monograf adalah meningkatkan angka kredit dosen atau nilai KUM yang dimiliki. Angka kredit ini merupakan sejumlah nilai yang didapatkan seorang dosen ketika menyelesaikan tugas dan kewajibannya di dunia akademik.

Salah satu tugas dan kewajiban yang mesti dilakukan oleh seorang dosen adalah melakukan publikasi ilmiah secara berkala. Artinya ketika menerbitkan sebuah publikasi ilmiah, seperti buku monograf, maka Anda akan mendapatkan tambahan jumlah angka kredit dosen.

Apalagi besaran angka kredit dosen yang didapatkan ketika melakukan publikasi ilmiah dalam bentuk buku monograf cukup besar jika dibandingkan yang lainnya. Ketika melakukan publikasi ilmiah dalam bentuk buku monograf, maka seorang dosen akan mendapatkan tambahan angka kredit sebesar 20 poin.

2. Pemenuhan Laporan Beban Kerja Dosen

Melakukan publikasi ilmiah dalam bentuk buku monograf juga berfungsi untuk pemenuhan laporan beban kerja dosen yang wajib disetorkan setiap semesternya. Setiap dosen biasanya akan mendapatkan beban kerja dosen atau BKD dengan jumlah besaran SKS tertentu.

Melakukan publikasi ilmiah termasuk ke dalam salah satu tugas yang wajib dilaporkan dalam beban kerja dosen tersebut. Ketika mengubah tesis menjadi buku monograf, tentu Anda akan bisa memenuhi laporan beban kerja dosen dalam hal pelaksanaan tugas publikasi ilmiah.

Pahami Cara Membuat Buku Monograf:

3. Mempercepat Kenaikan Jabatan Fungsional

Berkaitan dengan peningkatan angka kredit dosen, ketika mengubah tesis menjadi buku monograf, secara tidak langsung Anda bisa mempercepat proses kenaikan jabatan fungsional dosen di dunia akademik. Jabatan fungsional merupakan posisi karier yang bisa diisi oleh setiap dosen di sebuah perguruan tinggi.

Terdapat empat jabatan fungsional yang bisa diambil seorang dosen, mulai dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, hingga Guru Besar. Masing-masing jabatan fungsional ini membutuhkan jumlah angka kredit tertentu yang mesti dicapai seorang dosen agar bisa mengisi posisi tersebut.

Dengan mengubah tesis menjadi buku monograf, Anda akan mendapatkan tambahan angka kredit dengan jumlah yang signifikan. Jika Anda bisa melakukan hal ini dengan konsisten, bukan tidak mungkin proses kenaikan jabatan fungsional dapat dilakukan dengan cepat.

Ingin Cepat Naik Jabatan Fungsional? Simak:

4. Hasil Penelitian Dapat Dikenal Lebih Luas

Publikasi ilmiah dalam bentuk buku tentu akan lebih mudah dikenal dan diakses oleh banyak orang jika dibandingkan dengan tesis. Ketika mengubah tesis menjadi buku monograf, hasil penelitian yang sudah Anda kerjakan tentu akan dikenal oleh lebih banyak orang.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Hal ini bisa saja menghadirkan manfaat yang jauh lebih luas dari hasil penelitian ilmiah Anda. Dengan demikian, publikasi ilmiah yang Anda hasilkan bisa mendatangkan manfaat bagi khalayak luas nantinya.

5. Menambah Penghasilan Dosen

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan ketika mengubah tesis menjadi buku monograf adalah menambah penghasilan sebagai seorang dosen. Ketika menerbitkan buku monograf, Anda tentu akan mendapatkan royalti dari hasil penjualan publikasi ilmiah tersebut.

Hal ini bisa menjadi pemasukan tambahan bagi Anda selain gaji utama yang didapatkan dari profesi sebagai seorang dosen.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Tesis Menjadi Buku Monograf

Proses konversi tesis menjadi buku monograf tentu memakan banyak waktu. Kesibukan sebagai dosen yang begitu padat menjadi salah satu kendala dalam melakukan hal tersebut.

Namun, Anda tak perlu khawatir! Parafrase Indonesia telah hadir dengan Layanan Parafrase Konversi yang siap membantu Anda dalam mengubah tesis atau karya ilmiah lainnya menjadi buku monograf.

Tak perlu menghabiskan banyak waktu, Anda cukup mengirimkan tesis atau karya ilmiah Anda, lalu tim bersertifikasi BNSP dari Kami yang akan mengonversinya menjadi naskah buku monograf berkualitas.

Naskah Anda juga akan disesuaikan dengan standar Dikti dan bergaransi lolos ISBN, sehingga nantinya dapat digunakan untuk pelaporan BKD.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera terbitkan buku monograf dan raih jabatan fungsional yang lebih tinggi! Kirim naskah tesis Anda sekarang!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Dhea Salsabila
Dhea Salsabila
SEO Specialist dan Content Editor di Parafrase Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *