Cara Menulis Kutipan dalam Kutipan, Lengkap dengan Contohnya

cara menulis kutipan dalam kutipan

Pernahkah Anda menggunakan referensi yang berupa kutipan dalam kutipan? Pada artikel ini, Parafrase Indonesia akan menyajikan informasi tentang tata cara penulisan kutipan dalam kutipan.

Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut, simak terlebih dahulu pembahasan tentang kutipan secara umum pada bagian berikut ini.

Mengenal Jenis-Jenis Kutipan

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa kata kutipan bisa dimaknai sebagai hasil mengutip, pungutan, petikan, nukilan, dan sitat. Selain itu, kata kutipan atau sitasi juga bisa diartikan sebagai pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen pada tulisan sendiri.

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa kutipan merupakan penggunaan kalimat atau paragraf pada sebuah karya ilmiah yang tidak berasal dari ide orisinal dari penulis

Penggunaan kutipan pada karya ilmiah diperbolehkan asal tetap mencantumkan sumber asalnya. Hal ini bertujuan sebagai wujud apresiasi atas gagasan orang lain yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah milik Anda.

Tidak hanya itu, pencantuman sumber juga penting dilakukan agar terhindar dari adanya tindak plagiarisme. Secara umum terdapat dua jenis kutipan yang bisa Anda temui pada penulisan karya ilmiah, yakni kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Berikut uraian dari kedua jenis kutipan tersebut:

1. Kutipan Langsung

Kutipan langsung merupakan jenis penulisan di mana seorang penulis mencantumkan gagasan orang lain tanpa mengubahnya sedikitpun. Ketika menggunakan kutipan langsung, penulis akan meniru kata per kata yang sama persis dengan sumber aslinya.

Oleh karena itu, penulis harus menyertakan referensi yang digunakan agar karyanya tidak terindikasi sebagai plagiarisme. Adapun contoh penulisan kutipan langsung pada karya tulis ilmiah adalah:

Kata teknologi bisa menjurus ke topik kesenian, sebagaimana penjelasan dari Capra (2004), yaitu “teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini lebih mengacu pada literatur Yunani menyebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang artinya wacana seni.”

2. Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung merupakan kebalikan dari kutipan langsung. Jika pada kutipan langsung suatu gagasan ditulis sama persis dengan sumber aslinya, maka pada kutipan tidak langsung seorang penulis bisa menuangkan kembali gagasan tersebut dengan bahasa sendiri.

Oleh karena itu, kalimat yang ditulis pada kutipan langsung akan berbeda dengan apa yang tertera pada sumber asli. Adapun contoh penulisan kutipan tidak langsung pada karya tulis ilmiah adalah:

Berdasarkan pemikiran Elizabeth Hurlock (1991), dapat disimpulkan bahwa orang dewasa merupakan orang yang sudah mengakhiri proses perkembangan dan pertumbuhan, serta mampu hidup berdampingan dengan orang dewasa lainnya dalam kehidupan sosial masyarakat.

Definisi Kutipan dalam Kutipan

Setelah mengetahui penjelasan tentang kutipan secara umum, informasi berikutnya yang bisa Anda ketahui adalah definisi dari kutipan dalam kutipan.

Kutipan dalam kutipan merupakan suatu kondisi ketika Anda menggunakan gagasan dari seorang tokoh, tetapi Anda tidak mendapatkan gagasan tersebut dari tokoh asli, melainkan dari karya ilmiah yang pernah dibuat oleh penulis lainnya.

Penulisan kutipan dalam kutipan ini bisa mempermudah penulis ketika mengerjakan karya tulis ilmiah, sebab dirinya tidak perlu mencari sumber rujukan pertama untuk mengutip gagasan yang akan digunakan.

Contoh Kutipan dalam Kutipan

Berikut beberapa contoh kutipan dalam kutipan pada sebuah karya tulis ilmiah:

1. Saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi (Aleta dalam Sarah, 2020).

2. Aleta mengatakan bahwa saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi (Sarah, 2020).

3. (Aleta dalam Sarah, 2020), saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Baca Juga:

Cara Menulis Kutipan dalam Kutipan

Dilihat dari sumber yang digunakan, terdapat dua cara penulisan sitasi dalam sitasi, yakni dari pengutip kedua dan pengutip ketiga. Masing-masing cara penulisan kutipan dalam kutipan ini juga bisa diterapkan pada format yang berbeda.

Adapun penjelasan lebih lanjut tentang cara menulis kutipan dalam kutipan adalah:

1. Cara Menulis Kutipan dari Pengutip Kedua

Cara ini digunakan ketika Anda ingin mengutip sebuah gagasan dari sumber kedua. Artinya, Anda mendapatkan gagasan tersebut dari karya ilmiah lainnya. Sebagai catatan, untuk penulisan daftar pustaka Anda hanya perlu mencantumkan sumber rujukan kedua saja.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menuliskan sumber pertama pada daftar pustaka. Adapun format penulisan kutipan dalam kutipan dari pengutip kedua adalah:

a. Sumber Ditempatkan di Bagian Akhir Kutipan

Format penulisan:

Isi kutipan ([Sumber gagasan utama] dalam [sumber rujukan kedua], [tahun terbit rujukan kedua]).

Contoh penulisan:

Saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi (Aleta dalam Sarah, 2020).

b. Sumber Pertama Ditempatkan di Awal Kutipan

Format penulisan:

[Sumber gagasan utama] Isi kutipan (Sumber rujukan kedua, tahun terbit sumber rujukan kedua).

Contoh penulisan:

Aleta mengatakan saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi (Sarah, 2020).

c. Sumber Ditempatkan di Awal Kutipan

Format penulisan:

([Sumber gagasan utama] dalam [sumber rujukan kedua], [tahun terbit rujukan kedua]) Isi kutipan.

Contoh penulisan:

(Aleta dalam Sarah, 2020) saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

2. Cara Menulis Kutipan dari Pengutip Ketiga

Anda juga bisa membuat kutipan dalam kutipan dari pengutip ketiga. Adapun cara menulisnya adalah:

a. Pembuat Kutipan Disebut di Awal

Format penulisan:

[Sumber gagasan utama] Isi kutipan ([Sumber rujukan kedua], dalam [Sumber rujukan ketiga beserta tahun terbit]).

Contoh penulisan:

Aleta mengatakan saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi (Sarah, dalam Diaz 2022).

b. Pembuat Kutipan Disebut di Bagian Tengah

Format penulisan:

Kalimat pengantar [Sumber gagasan utama], Isi kutipan ([Sumber rujukan kedua], dalam [Sumber rujukan ketiga beserta tahun terbit]).

Contoh penulisan:

Dalam penelitian yang dilakukan Aleta, dijelaskan bahwa saat kita merasa rileks, maka sistem saraf akan masuk ke dalam mode istirahat dan akan memudahkan proses pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi (Sarah, dalam Diaz 2022).

Itulah dua cara menulis kutipan dalam kutipan yang bisa Anda terapkan ketika menulis karya tulis ilmiah lengkap dengan format dan contohnya. Sangat mudah bukan?

Yuk, kunjungi artikel selanjutnya di parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan tips serta informasi menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *