Format Jurnal SINTA Beserta Template

format jurnal sinta

SINTA merupakan salah satu platform publikasi jurnal yang menjadi pilihan para dosen maupun akademisi. Namun, sebelum melakukan submit karya ilmiah pada situs tersebut, apakah Anda sudah memahami format jurnal SINTA? Jika belum, yuk, simak penjelasan dari Parafrase Indonesia berikut ini!

Sebagai seorang dosen, penting bagi Anda untuk mengetahui format penulisan dari jurnal-jurnal yang terindeks SINTA. Sebab, jurnal yang terindeks SINTA terjamin kualitas maupun kredibilitasnya.

Tidak hanya itu, jurnal yang terindeks SINTA biasanya juga memiliki dampak besar pada perkembangan masing-masing bidang keilmuan.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut hingga akhir agar Anda bisa mendapat informasi seputar jurnal SINTA secara lengkap.

Penjelasan Umum tentang Jurnal SINTA

SINTA atau Science and Technology Index adalah salah satu platform penyedia literasi ilmiah yang bisa diakses secara daring oleh para penggunanya.

Platform penyedia literasi ilmiah ini dikelola secara langsung oleh Kemendikbud Ristek Republik Indonesia.

Bagi Anda yang membutuhkan literasi ilmiah untuk referensi penelitian bisa menggunakan platform yang satu ini untuk mendapatkan sumber rujukan yang tepat.

Sebab referensi yang tersedia di SINTA berasal dari jurnal yang terakreditasi, sehingga bisa terjamin kualitas dan reputasinya.

Selain mencari sumber rujukan, jurnal-jurnal yang terindeks SINTA juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda ketika ingin menerbitkan publikasi ilmiah.

Dengan menerbitkan hasil riset yang sudah dikerjakan di jurnal yang terindeks SINTA, Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat, seperti tambahan angka kredit hingga artikel ilmiah yang bisa diakses oleh banyak pembaca.

Format Umum Jurnal SINTA

Sebelum mengirimkan artikel ilmiah, Anda mesti mengetahui terlebih dahulu format umum yang biasanya digunakan dalam proses penulisan jurnal SINTA.

Format umum ini perlu Anda ketahui agar tulisan yang sudah dibuat sesuai dengan aturan berlaku, sehingga bisa diterbitkan dengan lancar nantinya.

Secara umum, format penulisan yang sering digunakan dalam tulisan jurnal SINTA terdiri dari tiga bagian berbeda, yakni bagian depan, bagian tubuh atau pembahasan, dan bagian belakang.

Adapun penjelasan lebih lanjut tentang format umum yang sering digunakan dalam penulisan jurnal yang terindeks SINTA ini adalah:

1. Bagian Depan

Bagian depan merupakan penulisan awal yang terdapat dalam tulisan ilmiah jurnal SINTA. Biasanya bagian ini berisi tentang informasi umum dari sebuah artikel ilmiah.

Terdapat beberapa sub bagian lain yang mesti ada dalam format bagian depan, yakni judul, penjelasan singkat tentang isi jurnal, nama penulis, kontak yang bisa dihubungi, dan informasi lainnya.

2. Bagian Tubuh atau Pembahasan

Bagian tubuh atau pembahasan merupakan format umum berikutnya yang bisa Anda temui dalam artikel ilmiah jurnal SINTA. Format ini merupakan inti dari keseluruhan pembahasan yang ada di dalam artikel ilmiah tersebut.

Biasanya penulis akan menjabarkan setiap hasil temuan dari riset yang sudah mereka kerjakan pada bagian yang satu ini.

Terdapat beberapa sub bagian yang ada dalam bagian tubuh jurnal SINTA, yakni abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, dan pembahasan secara keseluruhan.

3. Bagian Belakang

Format penulisan terakhir yang ada dalam jurnal SINTA adalah bagian belakang. Seperti namanya, Anda bisa menemukan format umum ini pada bagian belakang sebuah penulisan artikel jurnal ilmiah.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Bagian ini biasanya berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan yang sudah diulas pada bagian sebelumnya. Selain itu, bagian belakang ini juga berisi daftar pustaka yang menunjukkan seluruh sumber rujukan yang digunakan dalam artikel ilmiah tersebut.

Biasanya penulis juga bisa menyelipkan ucapan terima kasih ke pihak-pihak tertentu yang sudah membantu proses penulisan artikel ilmiah pada bagian yang satu ini.

Intip Biaya Publikasi Karya Ilmiah:

Template Jurnal SINTA

Template jurnal adalah dokumen yang berisi tentang format penulisan yang sesuai aturan dan kebijakan berlaku dari sebuah penerbit. Adanya template dari masing-masing penerbit ini berfungsi untuk memudahkan para penulis dalam proses penyusunan artikel ilmiah.

Terlebih, bagi para penulis pemula yang belum pernah mempublikasikan karya ilmiah sebelumnya atau para dosen yang tak memiliki banyak waktu untuk membuat susunan karya ilmiah secara manual.

Dengan adanya template, Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang sudah ada saat proses pengerjaan karya ilmiah.

Adapun berikut template jurnal SINTA 1 hingga 6 yang bisa Anda gunakan sebagai format penulisan ketika mengerjakan artikel ilmiah:

1. Template Jurnal SINTA 1

Template jurnal pertama yang bisa Anda gunakan berasal dari kategori SINTA 1.

Salah satu jurnal yang terindeks sebagai SINTA 1 dan bisa Anda akses secara bebas adalah International Journal of Evaluation and Research in Education (IJER).

Anda bisa menjadikan template format penulisan yang ada di jurnal tersebut ketika membuat artikel ilmiah dengan mengakses situs yang satu ini.

2. Template Jurnal SINTA 2

Anda juga bisa menggunakan template dari jurnal SINTA 2 ketika mengerjakan sebuah artikel ilmiah. Salah satu contoh penerbit jurnal yang terindeks SINTA 2 adalah Jurnal Wawasan Yuridika.

Anda bisa mengakses template dari jurnal yang satu ini dengan mengunjungi situs berikut.

3. Template Jurnal SINTA 3

Template penulisan jurnal lain yang bisa Anda manfaatkan ketika penulisan ilmiah berasal dari kategori SINTA 3. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan merupakan salah satu contoh terbitan yang terindeks sebagai SINTA 3.

Anda bisa menggunakan template penulisan Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan dengan mengakses link ini.

4. Template Jurnal SINTA 4

Template berikutnya yang bisa Anda jadikan panduan ketika menulis artikel ilmiah berasal dari kategori SINTA 4. Salah satu jurnal yang terindeks SINTA 4 ini adalah Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia.

Anda bisa mengakses template dari jurnal tersebut dengan mengunjungi alamat situs ini.

5. Template Jurnal SINTA 5

Salah satu terbitan jurnal yang termasuk dalam kategori SINTA 5 adalah LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika. Format penulisan yang ada dalam jurnal ini bisa menjadi gambaran ketika Anda ingin membuat artikel ilmiah.

Anda bisa mengakses template jurnal LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika dengan mengakses link berikut.

6. Template Jurnal SINTA 6

Template terakhir yang bisa Anda gunakan adalah terbitan jurnal SINTA 6. Salah satu jurnal yang termasuk dalam kategori ini adalah KOMPUTA: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika.

Anda bisa mengakses template dari jurnal tersebut dengan mengakses link ini.

Itulah pembahasan lengkap tentang format jurnal SINTA beserta template yang bisa Anda gunakan.

Selain publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional, Anda juga bisa menerbitkan karya ilmiah Anda menjadi buku, loh!

Hanya dengan menggunakan Layanan Parafrase Konversi, tim profesional bersertifikasi BNSP dari Parafrase Indonesia akan mengonversi karya ilmiah atau artikel jurnal Anda menjadi buku berkualitas.

Tidak hanya diterbitkan sesuai standar Dikti, nantinya buku Anda juga memiliki ISBN yang dapat menunjang dan meningkatkan karier Anda sebagai dosen.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan biarkan penelitian Anda hanya menjadi artikel jurnal! Yuk, konversikan karya ilmiah Anda bersama Parafrase Indonesia!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *