11 Tips Lolos Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

jurnal internasional bereputasi

Anda ingin menerbitkan artikel ilmiah ke jurnal internasional bereputasi? Simak informasi berikut terlebih dahulu!

Kali ini, Parafrase Indonesia akan membagikan tips yang bisa Anda terapkan agar mudah lolos saat publikasi jurnal internasional bereputasi. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu penjelasan tentang jurnal internasional bereputasi pada bagian berikut.

Apa Itu Jurnal Internasional Bereputasi?

Jurnal internasional bereputasi merupakan publikasi ilmiah yang berisi artikel dari bidang keilmuan tertentu yang diterbitkan dalam skala internasional. Karena diterbitkan secara internasional, maka bahasa yang digunakan sebagai pengantar dalam jurnal ini juga menggunakan bahasa yang bisa dipahami oleh pembaca dari seluruh dunia.

Menurut ketentuannya, jurnal internasional ini mesti diterbitkan dengan menggunakan salah satu dari enam bahasa pengantar internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, yakni Inggris, Prancis, Rusia, Arab, Spanyol, dan Tiongkok. Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan publikasi di jurnal ini, maka pastikan untuk selalu menggunakan salah satu bahasa internasional tersebut sebagai pengantar dalam penulisan artikel ilmiah.

Sementara itu, jurnal internasional bereputasi merupakan publikasi yang terindeks oleh database atau situs penyedia literatur ilmiah yang sudah diakui dalam dunia akademik. Beberapa database yang bisa Anda lihat untuk mengetahui daftar jurnal internasional bereputasi adalah Scopus, Web of Science, Microsoft Academic Research, dan lainnya.

Kriteria Jurnal Internasional Bereputasi

Terdapat beberapa kriteria yang bisa Anda ketahui terkait jurnal internasional bereputasi yang diterbitkan oleh Ditjen Dikti, yakni:

  1. Memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
  2. Memiliki ISSN.
  3. Ditulis dalam bahasa internasional yang diakui PBB.
  4. Memiliki cetakan online.
  5. Memiliki dewan redaksi yang ahli di bidangnya dan berasal setidaknya dari empat negara berbeda.
  6. Memiliki penulis yang berasal dari empat negara berbeda dalam setiap terbitannya.
  7. Terindeks di database internasional yang bereputasi.

Tips Lolos Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

Informasi berikutnya yang bisa Anda ketahui adalah tips yang dapat diterapkan agar lolos publikasi jurnal internasional bereputasi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin lolos publikasi jurnal internasional bereputasi, yakni:

1. Membuat Perencanaan Alur Penulisan Jurnal

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyusun perencanaan alur penulisan jurnal sebaik mungkin. Perencanaan ini berguna agar proses pengerjaan penulisan jurnal yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan terarah.

Anda bisa menyusun rencana terkait langkah-langkah apa saja yang mesti dilakukan dalam proses pembuatan artikel jurnal, mulai dari riset hingga penulisan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur alur penulisan artikel jurnal setiap babnya.

Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus terhadap masing-masing bahasan dan meringankan beban kerja ketika menulis artikel jurnal.

2. Riset dan Penelitian yang Kuat

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset dan penelitian yang kuat. Riset atau penelitian merupakan pondasi utama dalam sebuah penulisan karya tulis ilmiah.

Tanpa riset yang maksimal mustahil bagi seorang penulis untuk membuat tulisan ilmiah yang baik. Misalnya saja, ketika Anda tidak melakukan riset yang baik, maka pembahasan yang akan ditulis dalam penulisan ilmiah tentu tidak sempurna juga.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu melakukan riset dan penelitian yang kuat agar bisa membuat artikel ilmiah yang baik dan bisa dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi.

3. Menulis Karya Ilmiah Bersama Tim

Anda juga bisa menulis karya ilmiah bersama tim agar karya tulis bisa lolos publikasi jurnal internasional bereputasi. Sebab, penulisan artikel ilmiah juga diperbolehkan untuk dikerjakan secara tim.

Menulis bersama tim bisa meringankan beban kerja Anda ketika menjalankan penulisan karya ilmiah. Anda bisa membagi proses pengerjaan bersama para penulis lain yang diajak bekerja sama.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sudut pandang lain dari penulis lain, sehingga bisa memberikan tambahan informasi baru yang dapat digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah. Oleh sebab itu, menulis bersama tim bisa menjadi salah satu pilihan yang patut Anda coba untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas.

4. Gunakan Banyak Referensi

Tips berikutnya yang bisa Anda gunakan agar artikel ilmiah yang dibuat bisa terbit di jurnal internasional bereputasi adalah menggunakan banyak referensi dalam proses penulisan. Sama seperti halnya proses riset atau penelitian, referensi dan sumber rujukan juga menjadi salah satu faktor penting yang berpengaruh pada kualitas artikel ilmiah yang Anda buat.

Makin banyak referensi yang Anda gunakan, maka argumen yang disampaikan dalam penulisan ilmiah juga memiliki landasan yang kuat pula. Secara umum, sebuah penulisan ilmiah setidaknya mesti menggunakan minimal 20 referensi yang digunakan sebagai sumber rujukan.

Referensi yang dipilih ini juga tidak bisa sembarangan. Anda mesti memilih referensi yang kredibel agar informasi yang terdapat di dalam artikel ilmiah tersebut bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Tips Mencari Banyak Referensi dengan Mudah:

5. Perhatikan Format Karya Ilmiah

Anda juga mesti memperhatikan format penulisan karya ilmiah ketika melakukan aktivitas yang satu ini. Sebab masing-masing penerbit atau pengelola jurnal biasanya memiliki aturan tersendiri terkait artikel ilmiah yang mereka publikasikan.

Biasanya format yang digunakan dalam karya ilmiah ini berkaitan dengan hal-hal seputar penulisan, seperti penggunaan jenis huruf, margin, spasi, dan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengetahui format penulisan dari jurnal yang ingin Anda tuju sebagai tempat publikasi agar artikel ilmiah yang dibuat bisa sesuai dan dapat diterbitkan seperti yang diinginkan.

6. Perhatikan Susunan Kalimat

Tips selanjutnya yang mesti Anda terapkan agar artikel ilmiah lolos publikasi di jurnal internasional bereputasi adalah memperhatikan susunan kalimat. Jurnal internasional bereputasi mesti diterbitkan dengan menggunakan bahasa yang diakui oleh PBB.

Terdapat enam bahasa internasional yang diakui oleh PBB dan digunakan dalam penulisan jurnal jenis ini, yakni Inggris, Rusia, Prancis, Arab, Spanyol, dan Tiongkok. Meskipun demikian, secara umum jurnal internasional lebih banyak menggunakan bahasa Inggris dalam pengantarnya.

Penggunaan bahasa asing ini membuat setiap penulis, khususnya yang berasal dari Indonesia mesti memperhatikan kembali tata aturan susunan kalimat yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah. Sebab susunan kalimat dalam bahasa asing tersebut tentu berbeda dengan apa yang bisa diterapkan dalam penulisan berbahasa Indonesia.

7. Pastikan Karya Ilmiah Orisinal

Orisinalitas sebuah karya juga menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan dari sebuah artikel ilmiah. Jika Anda ingin artikel ilmiah yang dibuat bisa dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi, maka pastikan karya yang dibuat terjamin orisinalitasnya.

Hindari tindakan kecurangan yang dilakukan dalam membuat sebuah artikel ilmiah, seperti plagiat atau sejenisnya. Sebab tindakan curang ini tidak hanya akan membuat artikel ilmiah ditolak untuk dipublikasikan, tetapi juga akan mencoreng nama Anda di dunia akademik secara keseluruhan.

8. Tingkat Plagiarisme di Bawah 15 Persen

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda juga mesti memastikan tingkat plagiarisme dari artikel ilmiah yang dibuat sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Secara umum, tingkat plagiarisme yang masih ditoleransi dalam penulisan artikel ilmiah biasanya berada di angka 15 persen ke bawah.

Jika artikel ilmiah yang Anda buat memiliki angka di atas batas tersebut, maka tulisan yang tersebut bisa dianggap sebagai plagiat. Meskipun demikian, Anda tidak perlu panik ketika hasil pengecekan plagiarisme ternyata tidak sesuai dengan standar yang ditentukan.

9. Pilih Judul Karya Ilmiah yang Menarik

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba agar artikel ilmiah lolos publikasi jurnal internasional bereputasi adalah memilih judul tulisan yang menarik. Judul yang menarik ini bisa menjadi nilai tambah dari artikel ilmiah yang sudah Anda buat.

Dengan membuat judul yang menarik, bisa saja artikel yang sudah Anda kirimkan bisa diperhatikan oleh pihak editor atau pengelola jurnal. Hal ini tentu semakin memperbesar peluang artikel ilmiah tersebut bisa dipublikasikan secara luas.

10. Pilih Jurnal Internasional yang Tepat

Penting bagi Anda untuk memilih jurnal internasional yang tepat ketika ingin melakukan publikasi artikel ilmiah. Hal ini disebabkan oleh manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan ketika menerbitkan publikasi di jurnal yang berkualitas.

Terdapat beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika memilih jurnal internasional, yakni fokus tema bahasan, kriteria dan kualitas dari pengelola jurnal, hingga biaya publikasi yang terjangkau. Selain itu, hindari untuk menerbitkan artikel ilmiah di jurnal predator agar Anda tidak mendapatkan kerugian dari hal tersebut.

11. Jalin Komunikasi dengan Pengelola Jurnal

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan agar artikel ilmiah lolos publikasi adalah menjalin komunikasi dengan pihak penerbit atau pengelola jurnal. Anda bisa mendapatkan kontak dari pihak pengelola ini dengan mencari informasi dalam masing-masing situs jurnal.

Dengan menjalin komunikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi tambahan yang mungkin belum tertera dalam situs jurnal. Meskipun demikian, jangan berlebihan ketika menjalin komunikasi ini.

Pastikan untuk menanyakan hal-hal yang memang penting saja agar tingkat keseriusan Anda sebagai seorang penulis bisa dipahami oleh pengelola jurnal tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar artikel ilmiah yang dibuat bisa lolos publikasi jurnal internasional bereputasi.

Bagi Anda yang sedang menulis karya ilmiah dan kesulitan untuk menurunkan skor plagiarisme, jangan khawatir!

Turunkan angka similarity naskah Anda dengan Layanan Parafrase Penurunan Similarity dari Parafrase Indonesia!

Dengan layanan ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk parafrase karya ilmiah. Sebab, tim profesional dari Kami akan menangani naskah Anda mulai dari proofreading hingga penurunan similarity.

Yuk, tunggu apa lagi? Parafrasekan karya ilmiah Anda dengan Layanan Parafrase Penurunan Similarity sekarang juga!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *