Cara Mencari Jurnal Internasional Bereputasi untuk Penelitian Dosen

cara mencari jurnal internasional bereputasi

Tahukah Anda bagaimana mendapatkan referensi agar karya ilmiah Anda lolos publikasi? Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencari jurnal internasional bereputasi untuk mendapatkan sumber rujukan yang kredibel dalam proses penulisan karya ilmiah.

Dalam artikel ini, Parafrase Indonesia akan membagikan beberapa informasi terkait cara mencari jurnal internasional bereputasi dari beberapa situs.

Oleh sebab itu, pastikan untuk membaca artikel berikut hingga bagian akhir agar Anda bisa mendapatkan setiap informasi yang dibutuhkan secara keseluruhan.

Apa Itu Jurnal Internasional Bereputasi?

Jurnal internasional bereputasi adalah publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang diterbitkan dalam skala internasional dan terindeks oleh database literasi yang terpercaya, seperti Scopus, Web of Science, dan lainnya.

Jenis jurnal ini biasanya menggunakan bahasa internasional yang diakui oleh PBB dalam setiap terbitannya. Adapun bahasa internasional yang digunakan dalam setiap terbitan jurnal jenis ini adalah Inggris, Spanyol, Rusia, Prancis, Arab, dan Tiongkok.

Oleh sebab itu, ketika Anda ingin mencari jurnal internasional bereputasi, pastikan untuk selalu menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bahasa tersebut.

Cara Mencari Jurnal Internasional Bereputasi

Berikut ini beberapa situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal internasional bereputasi sebagai sumber rujukan penelitian, yakni.

1. Cara Mencari Jurnal di Situs DOAJ

DOAJ atau Directory of Open Access Journals merupakan situs penyedia literasi ilmiah pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari sumber rujukan penelitian.

Situs yang pertama kali dirilis pada 2003 lalu ini menyediakan jutaan artikel dari berbagai macam bidang ilmu berbeda yang bisa Anda manfaatkan sebagai referensi.

Setidaknya terdapat 9 ribu jurnal dari 130 negara berbeda yang bisa diakses secara gratis lewat situs ini. Selain itu, terdapat 2,2 juta artikel ilmiah yang berasal dari seluruh dunia dan bidang keilmuan berbeda.

Cara mencari jurnal di situs ini juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika ingin mencari jurnal internasional bereputasi di DOAJ, yaitu:

  1. Mengunjungi situs DOAJ di laman https://doaj.org/. Selain itu, Anda juga bisa mencari situs ini dengan menggunakan mesin pencarian yang ada di perangkat masing-masing. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci ‘DOAJ’ pada kolom pencarian yang tersedia. Nantinya hasil pencarian akan menampilkan situs DOAJ yang bisa Anda akses secara langsung.
  2. Tentukan jenis pencarian yang ingin Anda lakukan. Terdapat dua pilihan sumber rujukan yang tersedia di DOAJ, yakni jurnal dan artikel ilmiah. Anda bisa menyesuaikan jenis sumber rujukan tersebut dengan referensi yang ingin dicari lewat situs DOAJ.
  3. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan tema bahasan penelitian yang sedang Anda kerjakan. Pastikan untuk menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris.
  4. Pilih sumber rujukan yang ingin Anda gunakan. Nantinya Anda akan dialihkan ke laman yang lebih rinci terkait sumber rujukan tersebut. Anda bisa membaca bagian abstrak agar dapat lebih memahami gambaran besar dari artikel ilmiah sebelum memutuskan apakah karya tulis tersebut cocok untuk dijadikan referensi penelitian atau tidak.
  5. Setelah Anda menentukan artikel ilmiah yang ingin digunakan, unduh karya tulis tersebut.

2. Cara Mencari di Situs Scopus

Anda juga bisa mencari jurnal internasional bereputasi dengan memanfaatkan situs Scopus. Sama seperti DOAJ, Scopus juga merupakan salah satu situs penyedia literasi yang terpercaya dalam dunia akademik.

Scopus merupakan database literatur ilmiah yang dikelola langsung oleh Elsevier. Terdapat puluhan jurnal terpercaya dan kredibel yang bisa Anda gunakan sebagai sumber rujukan ketika mengakses situs ini.

Adapun cara mencari jurnal internasional bereputasi dengan menggunakan Scopus adalah:

  1. Mengunjungi situs Scopus di laman https://www.scopus.com/. Selain itu, Anda juga bisa mencari situs ini dengan menggunakan mesin pencarian yang ada di perangkat masing-masing.
  2. Pilih bagian ‘Search’ yang bisa Anda dapatkan di bagian atas situs Scopus.
  3. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan tema bahasan dalam penelitian ilmiah yang sedang Anda kerjakan. Pastikan untuk menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris agar hasil pencarian merujuk kepada artikel ilmiah dari jurnal internasional.
  4. Kemudian pilih opsi ‘Journals’ agar hasil pencarian menampilkan artikel ilmiah dari jurnal. Setelah semua bagian terisi sesuai dengan yang diinginkan, klik ‘Search’ untuk memulai proses pencarian.
  5. Sortir hasil pencarian untuk menemukan artikel jurnal yang sesuai dengan sumber rujukan yang ingin Anda gunakan.
  6. Akses artikel jurnal tersebut dan manfaatkan sesuai dengan kebutuhan penelitian yang sedang Anda kerjakan.

Simak Biaya Publikasi Jurnal:

3. Cara Mencari Jurnal di Google Scholar

Situs berikutnya yang bisa Anda manfaatkan ketika ingin mencari jurnal internasional bereputasi adalah Google Scholar.

Situs yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi para akademisi jika ingin mencari sumber rujukan yang sesuai dalam proses penulisan karya tulis ilmiah.

Anda bisa menemukan berbagai macam literasi ilmiah yang tersedia di situs ini, mulai dari skala nasional hingga internasional. Adapun cara mencari jurnal internasional bereputasi yang bisa Anda dapatkan dengan mengakses Google Scholar adalah:

  1. Membuka situs Google Scholar di laman https://scholar.google.com/. Anda juga bisa mencari situs ini dengan memasukkan kata kunci ‘Google Scholar’ pada mesin pencarian yang tersedia di perangkat masing-masing
  2. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan penelitian yang sedang dikerjakan. Kata kunci ini bisa Anda sesuaikan dengan tema bahasan yang digunakan dalam penulisan ilmiah tersebut. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris.
  3. Sortir hasil pencarian yang ditampilkan agar sesuai dengan sumber rujukan yang ingin Anda cari. Anda juga memastikan nama jurnal tersebut di beberapa database terpercaya, seperti Scopus, Web of Science, dan lainnya. Dengan demikian, Anda akan bisa mengetahui apakah sumber rujukan tersebut berasal dari jurnal internasional bereputasi atau tidak.
  4. Akses dan unduh artikel ilmiah yang diinginkan agar lebih mudah digunakan sebagai sumber rujukan dalam penelitian yang sedang Anda kerjakan.

4. Cara Mencari di Situs Perpusnas

Anda juga bisa mencari jurnal internasional bereputasi dengan mengakses situs Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas.

Terdapat banyak literasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan dapat digunakan sebagai sumber rujukan dalam penelitian ilmiah.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Meskipun demikian, pastikan untuk memiliki kartu anggota Perpusnas terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan situs penyedia literasi ilmiah yang satu ini.

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk mencari jurnal internasional bereputasi di Perpusnas adalah:

  1. Buka situs Perpusnas di laman https://e-resources.perpusnas.go.id/.
  2. Masukkan nomor anggota beserta password yang sudah terdaftar sebelumnya.
  3. Isi kolom pencarian dengan memasukkan kata kunci yang sesuai. Terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mencari sumber literasi, seperti judul, penulis, dan lainnya.
  4. Sortir hasil pencarian yang sesuai dengan penelitian.
  5. Unduh dan gunakan artikel ilmiah tersebut sesuai dengan penelitian yang sedang Anda kerjakan.

5. Cara Mencari Jurnal di Science Direct

Situs terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal internasional bereputasi adalah Science Direct. Sama seperti Scopus, Science Direct merupakan situs penyedia literasi yang dikelola oleh Elsevier.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika ingin mencari jurnal internasional bereputasi di Science Direct adalah:

  1. Buka situs Science Direct di laman https://www.sciencedirect.com/.
  2. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan dalam kolom pencarian yang tersedia.
  3. Sortir hasil pencarian.
  4. Pilih dan unduh artikel ilmiah yang sesuai agar bisa digunakan sebagai sumber rujukan dalam penelitian yang sedang dikerjakan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal internasional bereputasi untuk penelitian ilmiah.

Bagi Anda yang hendak publikasi karya ilmiah, Anda tidak hanya bisa menerbitkan naskah pada jurnal saja, tetapi juga bisa menerbitkannya sebagai buku, loh!

Hanya dengan menggunakan Layanan Parafrase Konversi, tim profesional bersertifikasi BNSP dari Parafrase Indonesia akan mengonversi karya ilmiah atau artikel jurnal Anda menjadi buku berkualitas.

Tidak hanya diterbitkan sesuai standar Dikti, nantinya buku Anda juga memiliki ISBN yang dapat menunjang dan meningkatkan karier Anda sebagai dosen.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan biarkan penelitian Anda hanya menjadi artikel jurnal! Yuk, konversikan karya ilmiah Anda bersama Parafrase Indonesia!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *