4 Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi, Jangan Sampai Salah!

cara cek jurnal internasional bereputasi

Apakah Anda hendak menerbitkan karya ilmiah pada sebuah jurnal? Pahami dulu cara cek jurnal internasional bereputasi!

Penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini untuk memahami kualitas jurnal yang hendak digunakan sebagai sumber rujukan.

Jika Anda menggunakan jurnal internasional bereputasi, maka literasi ini bisa menjadi sumber rujukan yang kredibel dan dapat dipercaya.

Kali ini Parafrase Indonesia akan membagikan informasi terkait cara cek jurnal internasional bereputasi ini dengan menggunakan beberapa situs web berbeda. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar Anda bisa mendapatkan informasi secara keseluruhan.

Kriteria Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal internasional merupakan publikasi literatur dalam bentuk kumpulan artikel ilmiah dari berbagai macam bidang keilmuan berbeda yang diterbitkan dalam skala internasional. Akan tetapi, tidak semua publikasi dalam skala internasional bisa dikategorikan sebagai jurnal bereputasi.

Terdapat beberapa kriteria yang mesti dipenuhi oleh jurnal internasional bereputasi, seperti:

  1. Memenuhi kaidah ilmiah dan etika akademik.
  2. Memiliki ISSN.
  3. Ditulis dengan menggunakan bahasa pengantar internasional yang diakui oleh PBB, yakni Inggris, Spanyol, Prancis, Rusia, Arab, dan Tiongkok.
  4. Memiliki terbitan online.
  5. Memiliki pakar di bidang keilmuan tertentu sebagai dewan redaksi yang berasal dari minimal empat negara berbeda.
  6. Artikel ilmiah yang ditulis oleh penulis yang minimal berasal dari dua negara berbeda.
  7. Bisa diakses secara daring.
  8. Proses review yang dilakukan dengan baik dan benar.
  9. Memiliki format publikasi yang tidak berubah-ubah.
  10. Tidak termasuk dalam kategori jurnal tidak bereputasi atau meragukan yang dirilis oleh Ditjen Dikti.

Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi

Berikut ini beberapa situs yang bisa Anda gunakan ketika ingin mencari jurnal internasional bereputasi, yakni:

1. Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi pada Scopus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek jurnal internasional bereputasi adalah dengan memeriksanya di situs Scopus. Situs ini merupakan salah satu database literatur ilmiah terkemuka yang ada di dunia akademik.

Terdapat banyak jurnal internasional bereputasi yang bisa Anda temukan ketika mengakses situs yang dikelola oleh Elsevier ini. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika ingin mencari jurnal internasional bereputasi di Scopus, yaitu:

  1. Buka situs Scopus dengan mengakses https://www.scopus.com/. Cara lain juga bisa Anda lakukan dengan memasukkan kata kunci ‘Scopus’ pada mesin pencarian yang digunakan di perangkat masing-masing.
  2. Klik bagian ‘Sources’ yang berada di sisi atas situs Scopus.
  3. Kemudian klik bagian ‘Enter Title.’ Pada bagian ini Anda bisa mengisi nama jurnal internasional yang ingin dicari di Scopus. Jika nama jurnal sudah dimasukkan secara keseluruhan, klik ‘Find Source’ untuk memulai proses pencarian.
  4. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan hasil pencarian. Jika jurnal internasional yang ingin Anda cari muncul di hasil pencarian, maka literatur tersebut sudah terindeks Scopus. Jika hasil pencarian tidak muncul, maka jurnal tersebut belum terindeks di database Scopus dan tidak termasuk dalam kategori bereputasi.
  5. Klik bagian jurnal internasional yang muncul di hasil pencarian Scopus untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait literatur ilmiah tersebut.

Intip Cara Mencari Jurnal dan Biaya Publikasi di Scopus:

2. Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi pada Scimago

Scimago merupakan situs berikutnya yang bisa Anda manfaatkan ketika ingin mencari jurnal internasional bereputasi. Situs ini sebenarnya masih berkaitan dengan Scopus yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Sebab, Anda juga bisa mengetahui jurnal internasional yang terindeks Scopus dengan menggunakan situs ini, termasuk kategorinya masing-masing.

Adapun cara mencari jurnal internasional bereputasi yang bisa Anda terapkan dengan menggunakan situs Scimago adalah:

  1. Kunjungi situs Scimago dengan mengakses laman https://www.scimagojr.com/. Selain itu, Anda juga bisa mencari situs ini dengan memasukkan kata kunci ‘Scimago’ pada mesin pencarian yang ada di perangkat masing-masing.
  2. Masukkan nama jurnal internasional yang ingin Anda cari pada kolom pencarian yang tersedia. Kemudian klik tombol ‘Enter’ atau ikon pencarian yang ada di situs tersebut. Tunggu beberapa saat hingga hasil pencarian ditampilkan.
  3. Jika jurnal yang Anda cari sudah terindeks Scopus dan Scimago, maka literatur yang dicari ini akan muncul di hasil pencarian. Sebaliknya jika hasil pencarian tidak ditemukan, maka terdapat dua kemungkinan dari jurnal internasional yang ingin Anda cari. Kemungkinan pertama adalah jurnal internasional tersebut belum terindeks Scopus. Artinya jurnal internasional tersebut tidak termasuk dalam kategori bereputasi. Kemungkinan kedua adalah bisa jadi jurnal tersebut sudah terindeks Scopus, tetapi belum masuk ke dalam database Scimago. Biasanya kasus ini terjadi pada jurnal yang baru saja terindeks Scopus.
  4. Anda juga bisa melihat tingkatan dari jurnal internasional tersebut dengan memilih ‘Quarters’ pada bagian bawah hasil pencarian. Nantinya Anda akan menemukan beberapa macam warna yang menentukan tingkatan jurnal tersebut, seperti hijau (Q1), kuning (Q2), oranye (Q3), dan merah (Q4).

3. Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi pada Web of Science

Web of Science atau WoS merupakan situs berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek jurnal internasional bereputasi. Sama seperti database lainnya, WoS juga menjadi salah satu situs penyedia literasi ilmiah yang kredibel dan terjamin kualitasnya di dunia akademik.

Adapun cara mengecek jurnal internasional bereputasi dengan menggunakan situs WoS adalah:

  1. Mengakses situs WoS dengan mengunjungi laman https://mjl.clarivate.com/home.
  2. Buat akun terlebih dahulu dengan menggunakan e-mail pribadi Anda.
  3. Setelah berhasil membuat akun, masukkan nama jurnal internasional yang ingin Anda cari di kolom pencarian yang tersedia. Kemudian klik ‘Find Journal’ untuk memulai proses pencarian.
  4. Jika hasil pencarian muncul, maka jurnal internasional tersebut termasuk dalam kategori bereputasi dan sudah terindeks WoS. Sementara itu, jika hasil pencarian tidak muncul, maka jurnal internasional yang Anda cari belum terindeks di database WoS.

Pahami Tips Memilih Referensi:

4. Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi pada Copernicus

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengecek jurnal internasional bereputasi adalah dengan menggunakan situs Copernicus. Situs ini juga menjadi salah satu database karya ilmiah berkualitas dan terpercaya di dunia akademik.

Jurnal yang terindeks Copernicus ini juga dijamin kredibilitasnya. Sebab pihak pengelola Copernicus menetapkan kriteria yang ketat dalam menyeleksi setiap jurnal yang terindeks di database yang mereka miliki.

Setidaknya terdapat 100 kriteria yang menjadi patokan dalam menentukan indeks jurnal pada situs ini. Selain itu, Copernicus juga mengindeks karya tulis ilmiah dalam kurun waktu dua puluh tahun terakhir.

Adapun berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk hal tersebut, yaitu:

  1. Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah mengunjungi situs Copernicus dengan mengakses laman https://journals.indexcopernicus.com/.
  2. Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan judul jurnal. Anda bisa memasukkan judul jurnal ini dengan mengklik pilihan ‘Search’ yang ada di sisi kanan situs. Setelah judul jurnal dimasukkan secara keseluruhan, Anda bisa memulai proses pencarian. Tunggu beberapa saat proses pencarian ini dan Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kata kunci sebelumnya.
  3. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan hasil pencarian yang ditampilkan dalam laman Copernicus. Anda bisa mendapatkan hasil pencarian ini pada bagian bawah situs tersebut. Jika jurnal internasional yang ingin Anda cari termasuk dalam kategori bereputasi, maka literatur ilmiah tersebut akan muncul dalam hasil pencarian Copernicus. Anda juga bisa mendapatkan beberapa informasi terkait jurnal tersebut, seperti dewan redaksi, editor, tata cara pengiriman artikel, dan lainnya.
  4. Jika judul jurnal yang Anda masukkan tidak muncul di hasil pencarian, maka literatur tersebut belum terindeks di Copernicus.
1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek jurnal internasional bereputasi.

Dapatkan informasi lebih banyak hanya di parafraseindonesia.com serta follow Instagram @parafraseindonesia untuk tips dan trik menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *