19 Rekomendasi Website Parafrase yang Mudah dan Akurat

Website parafrase

Website parafrase merupakan salah satu hal yang penting untuk digunakan ketika menulis karya ilmiah. Hal tersebut karena pada saat membuat karya tulis, Anda tentu mengacu dan merujuk pada suatu referensi. Sumber tersebut dapat berupa teori, pendapat para ahli, hingga laporan. Namun, Anda tidak bisa menyalin seluruh kalimat dan mem-paste begitu saja karena terdapat aturan hak cipta maupun plagiarisme.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin mengutip dari referensi namun tidak ingin terkena plagiarisme? Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan parafrase. Parafrase merupakan sebuah teknik menulis ulang suatu pernyataan dengan kalimat sendiri tanpa mengubah esensi kalimat tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), parafrase merupakan penguraian teks dari kalimat dalam sebuah tingkatan atau bahasa tertentu menjadi susunan kata yang lain, tanpa mengubah makna aslinya. Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan parafrase, berikut adalah rekomendasi website parafrase beserta cara penggunaannya.

1. QuillBot

Situs parafrase pertama yang bisa Anda gunakan adalah QuillBot. Situs ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menulis yang benar melalui kumpulan informasi AI, seperti mengenai tata bahasa, ejaan, tanda baca, hingga struktur kalimat. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan situs QuillBot dengan mudah melalui website quillbot.com.

2. Help Me Rewrite

Selain QuillBot, situs parafrase kedua yang bisa Anda gunakan adalah Help Me Rewrite. Anda dapat menggunakan Help Me Rewrite dengan mengunduh di AppStore maupun Playstore. Aplikasi ini akan membantu Anda dengan menyarankan frasa dan pilihan kata alternatif. Sehingga karya Anda akan menjadi lebih efektif.

3. Smodin dan Simplified

Website parafrase berikutnya yakni Smodin dan Simplified. Kedua situs ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek plagiarisme, tetapi juga dapat membantu Anda untuk melakukan parafrase karya ilmiah. Cara mengaksesnya pun sangat mudah, Anda dapat mengunjungi website smodin.io dan simplified.com. Selanjutnya, pilih fitur parafrase di kedua situs tersebut.

4. Hypotenuse

Hypotenuse merupakan salah satu rekomendasi situs parafrase yang dapat membantu Anda untuk menghindari plagiasi serta menghasilkan konten yang mudah dibaca. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengunjungi website Hypotenuse di hypotenuse.ai. Melalui situs tersebut, terdapat fitur kolom parafrase dan Anda hanya perlu menyalin paragraf atau kalimat yang ingin Anda parafrase.

5. Copy.AI

Rekomendasi website parafrase yang kelima adalah Copy.AI. Situs ini memiliki tools yang dapat digunakan untuk pembuatan tulisan maupun artikel. Sesuai namanya, melalui situs ini Anda akan dibantu untuk menghasilkan tulisan dengan bantuan teknologi AI. Hal yang Anda perlukan hanyalah salinan dari paragraf atau artikel yang ingin Anda buat di Copy.AI.

Tips Parafrase Efektif:

6. HIX.AI

HIX.AI merupakan situs parafrase yang menyediakan fitur penulisan ulang serta ringkasan. Situs HIX.AI dapat Anda akses melalui hix.ai dengan menggunakan akun email sebagai langkah pertama untuk log in. Setelah berhasil masuk pada akun Anda, fitur-fitur di website HIX.AI bisa langsung digunakan.

7. Paraphrasing.io

Paraphrasing.io merupakan produk lokal yang berupa website parafrase dengan penulisan ulang artikel dan esai. Anda dapat mengakses situs website Paraphrasing.io di paraphrasing.io. Kemudian, Anda dapat menggunakan fitur parafrase dengan menyalin paragraf ke kolom yang terdapat pada website.

8. Website Parafrase Editpad

Sama halnya dengan Paraphrasing.io, Editpad juga merupakan produk lokal berupa situs parafrase. Adapun Editpad akan membantu Anda untuk menulis dan mengedit teks dengan teknologi AI. Fitur parafrase di Editpad terdiri dari beberapa tingkatan, seperti Mulus, Resmi, Cerdas, dan Perbaikan. Anda hanya perlu menyalin paragraf pada kolom atau boks di website untuk melakukan parafrase sesuai tingkatan.

9. Scribbr

Situs parafrase Scribbr memiliki berbagai tools yang dapat membantu Anda memperbaiki kalimat agar terbebas dari plagiasi. Cara mengaksesnya pun cukup mudah, Anda dapat mengunjungi situs resmi mereka yakni scribbr.com. Tidak hanya bahasa Indonesia, Scribbr juga menyediakan layanan parafrase dengan berbagai bahasa.

Adapun untuk mengoperasikan tools di dalamnya, Anda hanya perlu menyalin paragraf pada kolom di website untuk melakukan parafrase sesuai dengan bahasa yang Anda butuhkan.

10. Wordvice

Wordvice merupakan situs parafrase dengan kecerdasan buatan (AI) yang memang ditujukan untuk mengolah kata. Website ini menyediakan pengoreksian otomatis hingga pengeditan teks secara real time. Tools parafrase pada Wordvice dapat Anda akses di website wordvice.ai.

11. Website Parafrase AI Suggests

AI Suggests merupakan website yang juga menyediakan tools parafrase untuk membantu Anda meminimalisir plagiasi dalam karya ilmiah. Adapun untuk menggunakan situs ini, Anda hanya perlu menyalin paragraf pada kolom di website ai-suggests.com dan lakukan parafrase sesuai dengan kebutuhan Anda.

12. Wraith Docs

Rekomendasi situs parafrase berikutnya yakni Wraith Docs. Website ini menyediakan tools parafrase yang dapat diakses melalui situs wraithdocs.com. Berbeda dengan website parafrase pada umumnya, Wraith Docs akan terhubung langsung dengan Google Docs sehingga Anda harus log in terlebih dahulu menggunakan e-mail.

Hati-Hati! Pahami Ancaman Plagiarisme:

13. Typeset.io

Typeset.io merupakan situs penyedia tools parafrase yang dapat diakses melalui website typeset.io/paraphraser. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyalin paragraf pada kolom di website untuk melakukan parafrase sesuai dengan bahasa yang Anda butuhkan. Adapun Typeset.io menyediakan berbagai tingkatan dalam parafrase, seperti Academic, Fluent, Formal, Creative, dan beberapa pilihan lainnya.

14. Website Parafrase Rephrase

Rephrase merupakan penyedia layanan parafrase online yang bertujuan untuk menulis ulang dan mengganti teks dengan menggunakan sinonim. Anda dapat mengakses dan menggunakan Rephrase melalui situs www.rephrase.info/id/parafrase-online. Kemudian, salin paragraf yang ingin Anda parafrase pada kolom yang telah tersedia.

15. Spinrewriter.ai

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Spinrewriter.ai menyediakan tools parafrase yang bisa Anda akses melalui situs www.spinrewriter.com. Sama seperti website sebelumnya, Anda hanya perlu masuk dengan e-mail dan menyalin paragraf pada kolom yang telah tersedia untuk melakukan parafrase sesuai dengan kebutuhan.

16. Neural Writer

Neural Writer merupakan website khusus yang menyediakan layanan parafrase. Anda dapat menggunakan dan mengakses Neural Writer melalui situs neuralwriter.com.

17. Language Tool

Language Tool merupakan platform online berupa website untuk melakukan koreksi terhadap kesalahan penulisan, terutama dalam bahasa Jerman. Anda dapat memilih berbagai bahasa dan melakukan parafrase pada situs languagetool.org/paraphrasing-tool.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menyalin paragraf pada kolom yang tersedia di website untuk melakukan parafrase sesuai dengan kebutuhan. Language Tool menghadirkan berbagai tingkatan parafrase, yaitu Standard, Formal, hingga Simple.

18. SEO Magnifier

SEO Magnifier merupakan tools SEO yang juga menghadirkan berbagai fitur mulai parafrase hingga penghitungan karakter dalam tulisan. Anda dapat mengakses SEO Magnifier melalui situs https://seomagnifier.com/online-paraphrasing-tool. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyalin paragraf pada kolom yang tersedia untuk melakukan parafrase sesuai dengan kebutuhan Anda.

19. Writer Buddy

Writer Buddy merupakan situs penyedia layanan parafrase yang dapat diakses melalui laman writerbuddy.ai/free-tools/paraphrasing-tool. Kemudian, salin paragraf pada kolom yang tersedia di website dan lakukan parafrase sesuai dengan kebutuhan Anda. Adapun Writer Buddy menyediakan berbagai tingkatan dalam parafrase, seperti Standard, Simple, Formal, Creative.

Itulah 19 rekomendasi website parafrase yang mudah dan akurat untuk digunakan. Bagaimana, apakah artikel ini cukup membantu Anda dalam melakukan parafrase?

Yuk, klik tombol share dan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda!

Jangan lupa untuk terus membaca artikel terkini dari parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *