Cara Efektif Menurunkan Similarity dan Tips Memilih Jasa Parafrase yang Aman

jasa parafrase similarity

Tingkat plagiarisme menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat menyusun karya ilmiah. Sering kali, ketika sudah mendekati deadline pengumpulan, Anda mengandalkan jasa parafrase untuk menurunkan skor similarity.

Namun, Anda sebenarnya bisa menurunkan similarity dengan cara manual dengan mengikuti beberapa trik parafrase.

Lalu, apa sajakah tips menurunkan similarity yang bisa Anda terapkan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Bahaya Similarity yang Tinggi

Similarity memang menjadi faktor penting untuk Anda perhatikan ketika mengerjakan naskah penelitian ilmiah. Biasanya naskah penelitian ilmiah yang sudah Anda kerjakan akan diperiksa terlebih dahulu dengan beberapa tools seperti Turnitin untuk mengtahui tingkat plagiarismenya.

Dari hasil pemeriksaan inilah nantinya Anda akan mendapatkan skor atau nilai similarity dari karya tulis yang sudah dikerjakan.

Jika sebuah karya tulis mendapatkan persentase hasil similarity yang rendah, maka orisinalitas dari penulisan tersebut bisa dijamin keasliannya.

Begitupun sebaliknya, ketika karya tulis ilmiah mendapatkan angka dan persentase similarity yang cukup tinggi, maka tulisan tersebut bisa terindikasi sebagai plagiat. Plagiarisme memang menjadi salah satu kesalahan besar yang mesti dihindari ketika melakukan penulisan ilmiah.

Sebuah karya yang plagiat bisa dipastikan tidak akan dapat terbit begitu saja. Selain itu, plagiarisme ini juga bisa berdampak buruk bagi penulisnya.

Misalnya, ketika seorang penulis terindikasi melakukan plagiat, maka karier dan kredibilitasnya di dunia penulisan bisa hancur begitu saja. Hal ini nantinya bisa merembet ke berbagai aspek, termasuk karier Anda sebagai seorang dosen di dunia akademik.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda memberikan perhatian khusus ketika membuat sebuah karya tulis ilmiah agar mendapatkan angka similarity yang rendah dan tidak terindikasi plagiarisme.

Cara Efektif Menurunkan Similarity

Meskipun menjadi salah satu kesalahan fatal yang dunia penulisan, terkadang seorang penulis secara tidak sadar bisa saja ketika melakukan hal tersebut. Hal ini bisa terjadi ketika seorang penulis masih memiliki wawasan yang kurang terkait cara penulisan, sehingga bisa terjebak pada kesalahan tersebut.

Perlu Anda ketahui, ketika sebuah karya tulis mendapatkan hasil similarity yang tinggi, hal tersebut bukan berarti tulisan tersebut tidak bisa diperbaiki lagi. Anda bisa saja memperbaiki karya tulis dengan similarity tersebut agar hasil pemeriksaan bisa turun nantinya.

Lalu apa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan similarity dari sebuah karya tulis?

1. Tidak Copy Paste

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidak asal copy paste ketika membuat penulisan ilmiah. Ketika Anda me-copy paste sebuah tulisan dari sumber yang digunakan, maka bisa dipastikan penulisan tersebut akan memiliki similarity yang tinggi.

2. Membuat Parafrase

Ketika membuat penulisan, Anda bisa saja menulis informasi yang didapatkan dari sebuah sumber yang digunakan. Namun, Anda perlu menulis ulang atau melakukan parafrase ketika menuliskan kembali informasi tersebut dalam penulisan ilmiah yang sedang dikerjakan.

Anda bisa menyampaikan informasi tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri dalam tulisan yang sedang dibuat. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat similarity karya tulis yang sudah dikerjakan ketika diperiksa nantinya.

3. Melakukan Penulisan Sitasi yang Benar

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ketika menggunakan informasi dari sebuah sumber, pastikan Anda untuk selalu melakukan penulisan sitasi yang benar. Penulisan sitasi ini berkaitan dengan sumber-sumber yang Anda munculkan secara langsung dalam tulisan yang sedang dibuat.

Ketika menuliskan sitasi yang benar, karya yang Anda buat bisa terhindar dari tindakan plagiarisme karena sudah mencantumkan sumber rujukan dengan benar. Selain itu, penulisan sitasi ini juga menjadi bentuk apresiasi Anda kepada penulis karya tulis ilmiah lainnya yang digunakan sebagai sumber rujukan dalam tulisan ilmiah yang sedang dikerjakan.

4. Menulis Sesuai dengan Panduan dan Ketentuan yang Ada

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penulisan yang sesuai dengan panduan dan ketentuan yang ada. Jika Anda mengikuti prosedur penulisan sesuai dengan panduan yang ada, maka kemungkinan angka similarity menjadi rendah akan makin besar.

5. Memanfaatkan Jasa Parafrase

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan angka similarity secara praktis adalah memanfaatkan jasa parafrase. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk menurunkan skor plagiarisme.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Meskipun demikian, Anda mesti memilih jasa parafrase yang tepat agar hasil similarity dari karya tulis Anda sesuai dengan harapan.

Tips Memilih Jasa Parafrase

Terkadang seorang dosen mengalami kesulitan ketika ingin melakukan parafrase dari karya tulis yang sudah dibuat. Berbagai macam kesibukan yang dialami dalam menjalankan tugas dan kewajiban di dunia akademik sering kali membuat proses parafrase ini sulit untuk dilakukan.

Menggunakan jasa parafrase bisa menjadi solusi tepat bagi masalah yang tengah dihadapi tersebut. Namun Anda juga mesti teliti dan berhati-hati ketika memilih jasa parafrase yang ingin digunakan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika memilih jasa parafrase untuk menurunkan angka similarity dari karya tulis ilmiah, yakni:

1. Perhatikan Reputasi Jasa

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan adalah reputasi dari jasa parafrase tersebut. Anda bisa melihat hasil karya apa saja yang sudah dikerjakan oleh penyedia jasa tersebut sebelumnya.

Berdasarkan hal tersebut, Anda bisa menentukan apakah jasa parafrase tersebut bisa dipercaya atau tidak.

2. Kebijakan Privasi yang Jelas

Anda juga perlu memperhatikan kebijakan privasi yang ada di dalam sebuah jasa parafrase. Kebijakan privasi yang jelas nantinya akan berdampak pada hasil pengerjaan agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

3. Kualitas dan Keaslian Hasil Parafrase

Perhatikan juga kualitas serta keaslian hasil parafrase yang sudah dikerjakan oleh penyedia jasa tersebut. Anda tentu tidak ingin hasil pengerjaan parafrase dari karya tulis yang sudah dibuat berbeda dengan apa yang diharapkan bukan?

Oleh sebab itu, pastikan kualitas dari jasa parafrase tersebut agar angka similarity karya tulis ilmiah bisa turun seperti yang Anda inginkan.

4. Pastikan Memiliki Tim yang Profesional

Tips terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah tim yang bekerja di jasa parafrase tersebut. Pastikan sebuah jasa parafrase ini memiliki tim yang profesional di bidangnya.

Hal ini bertujuan agar standar hasil parafrase yang dikerjakan oleh layanan jasa tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Salah satu cara menilai apakah tim yang dimiliki oleh sebuah layanan jasa parafrase adalah apakah mereka memiliki sertifikasi BNSP atau tidak.

Sertifikat BNSP ini bisa menjadi bukti sekaligus acuan bahwa tim pengerjaan dari sebuah jasa parafrase memang sudah ahli dan profesional di bidangnya.

Parafrase Indonesia, Jasa Penurunan Similarity Tepercaya

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, terdapat banyak kriteria yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih jasa penurunan similarity.

Namun, Anda tak perlu bingung! Kini Parafrase Indonesia hadir dengan Layanan Parafrase Similarity untuk menurunkan skor plagiarisme karya ilmiah Anda.

Dengan layanan ini, Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk parafrase secara manual karena tim bersertifikasi BNSP dari Parafrase Indonesia akan menyesuaikan struktur kata, kalimat, serta paragraf dari naskah karya ilmiah Anda tanpa mengubah makna aslinya. Sehingga, skor turnitin dapat turun sesuai kebutuhan atau ketentuan dari lembaga.

Tentunya, tak perlu khawatir dengan biaya yang akan Anda keluarkan! Hanya dengan harga mulai dari Rp10.000,- Anda sudah bisa menggunakan layanan ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera turunkan skor plagiarisme naskah Anda dengan Layanan Parafrase Similarity agar karya ilmiah Anda cepat terpublikasi!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Dhea Salsabila
Dhea Salsabila
SEO Specialist dan Content Editor di Parafrase Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *