9 Cara Review Jurnal Beserta Tahapannya

cara review jurnal

Apakah Anda masih kesulitan dalam membuat review artikel jurnal? Masalah ini mungkin terjadi karena Anda belum memahami cara review jurnal yang baik dan benar.

Lantas bagaimana cara review jurnal untuk menghasilkan ulasan yang berkualitas?

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Baca dan Pahami Jurnal Secara Mendalam

Pertama, Anda harus membaca dan memahami artikel jurnal secara mendalam. Pastikan untuk membaca secara teliti dan keseluruhan.

Anda bisa memperhatikan secara rinci segala cakupan yang diulas, seperti tujuan penelitian, hipotesis, metodologi yang digunakan, hasil penelitian, hingga kesimpulan yang dituliskan oleh penulis.

Selain itu, pastikan juga untuk membaca artikel jurnal tersebut secara berulang.Hal ini bertujuan agar Anda benar-benar menguasai pembahasan yang ada di artikel tersebut dengan maksimal. Anda juga bisa mencatat poin-poin penting yang ditemukan dalam pembahasan artikel jurnal yang diulas.

2. Evaluasi Tujuan Penelitian

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengevaluasi tujuan penelitian. Pada tahapan ini, Anda bisa fokus untuk memperhatikan tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis dalam artikel jurnal yang sudah dia kerjakan.

Anda bisa memeriksa apakah tujuan penelitian yang ada dalam artikel tersebut sudah relevan dan jelas sesuai dengan pembahasan yang ada.

Selain itu, Anda juga bisa melihat apakah pertanyaan penelitian yang digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis.Evaluasi tujuan penelitian penulis ini dengan pembahasan yang ada dalam artikel tersebut.

Anda juga bisa memberikan masukan jika hasil evaluasi tersebut tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Periksa Metodologi yang Digunakan

Metodologi penelitian menjadi salah satu bagian penting dalam proses penelitian ilmiah. Bisa dibilang, metodologi penelitian ini merupakan pondasi dasar untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu memeriksa bagian metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis dalam artikel ilmiah tersebut.

Anda bisa mengaitkan apakah metodologi yang digunakan sudah sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian yang digunakan oleh penulis.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan beberapa aspek lain, seperti desain penelitian, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, hingga teknik analisis yang digunakan oleh penulis.

Dengan demikian, Anda bisa memberikan ulasan yang baik terhadap metodologi yang digunakan dalam artikel jurnal tersebut.

4. Analisis Data dan Temuan

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menganalisis data serta temuan yang dijabarkan dalam artikel jurnal.

Bagian ini merupakan inti dari keseluruhan penulisan yang ada di karya tulis ilmiah yang sedang Anda ulas.

Pada bagian ini, Anda bisa memperhatikan bagaimana cara penulis dalam memaparkan hasil temuan riset ilmiah yang sudah dia kerjakan.

Anda juga bisa memeriksa apakah analisis yang dilakukan oleh penulis sudah sesuai dengan data temuan yang ditampilkan.

Pastikan memeriksa bagian ini dengan seksama agar pembahasan yang dituliskan oleh penulis sesuai dengan format lain yang ada di artikel jurnal tersebut.

5. Tinjau Kesimpulan dan Relevansinya dengan Hasil

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Setelah memeriksa data dan temuan yang ditampilkan pada bagian pembahasan, tahapan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah meninjau kesimpulan yang ada di dalam artikel jurnal.

Pastikan untuk meninjau apakah kesimpulan yang dibuat sudah sesuai dan relevan dengan hasil temuan yang dijabarkan pada bagian sebelumnya.

Hal ini penting untuk Anda perhatikan. Sebab terkadang seorang penulis seringkali menampilkan kesimpulan yang terlalu optimis dan tidak didukung sepenuhnya oleh data temuan yang ditampilkan.

Oleh sebab itu, Anda mesti memastikan apakah kesimpulan tersebut objektif dan tidak berlebihan. Perhatikan juga apakah penulis menuliskan dampak yang bisa diberikan oleh artikel jurnal tersebut pada bagian kesimpulan ini.

6. Identifikasi Kelebihan dan Kelemahan Penelitian

Tahapan berikutnya yang bisa Anda lakukan setelah mengulas seluruh bagian artikel jurnal adalah mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan yang ada di dalam karya tulis ilmiah tersebut.

Anda bisa mencatat poin-poin penting terkait kekuatan serta kekurangan yang ditemukan dalam artikel jurnal yang diulas.

Anda bisa menggunakan beberapa aspek untuk mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan dari sebuah karya tulis, seperti metodologi yang digunakan, jumlah sampel, pendekatan yang diterapkan penulis, hingga dampak yang bisa diberikan oleh penelitian tersebut.

Dalam menjabarkan kelemahan penelitian, pastikan untuk memberikan kritik yang membangun, sehingga Anda tidak berfokus pada kesalahannya saja.

7. Berikan Saran untuk Perbaikan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam membuat review jurnal adalah memberikan saran untuk perbaikan.

Saran ini penting untuk diberikan untuk memberikan masukan bagi penulis karya tulis yang Anda ulas.

Anda bisa memberikan saran ini berdasarkan kelemahan yang mungkin ditemukan selama mengulas artikel jurnal tersebut.

Misalnya ketika penulis dirasa menggunakan metode yang tidak tepat, maka Anda bisa memberikan saran penggunaan metode yang lebih baik agar hasil penelitian bisa lebih maksimal.

Pastikan untuk memberikan saran yang konstruktif agar dapat membantu penulis untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang lebih baik lagi nantinya.

8. Periksa Relevansi dan Kontribusi Penelitian

Relevansi dan kontribusi yang bisa diberikan dalam bidang ilmu terkait juga menjadi salah satu bagian penting yang bisa Anda perhatikan ketika mengerjakan review artikel jurnal.

Anda bisa memperhatikan apakah artikel jurnal yang diulas relevan dengan situasi yang tengah terjadi pada saat ini.

Relevansi ini penting bagi sebuah karya tulis ilmiah. Sebab relevansi ini berkaitan dengan seberapa besar dampak dan kontribusi yang diberikan oleh karya tulis ilmiah tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menilai kontribusi artikel jurnal berdasarkan seberapa besar pengaruh karya tulis ilmiah tersebut mengisi kekosongan di bidang ilmu terkait.

Dengan demikian, Anda bisa melihat seberapa besar dampak yang bisa diberikan artikel jurnal tersebut terhadap perkembangan bidang ilmu pengetahuan.

9. Tulis Review yang Objektif dan Sistematis

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan dalam mengerjakan review jurnal adalah menulis hasil ulasan secara objektif dan sistematis. Pastikan untuk menulis ulasan dengan format penulisan yang jelas.

Hal ini bertujuan agar alur penulisan yang Anda buat sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan bahasa yang bersifat objektif dan profesional.

Hindari memberikan kritik yang terlalu personal bagi penulis artikel jurnal. Pastikan ulasan yang Anda berikan fokus pada aspek ilmiah yang ada di dalam artikel jurnal tersebut.

Itulah sembilan cara review jurnal yang bisa Anda lakukan.

Sudah tidak bingung lagi bukan?

Dapatkan lebih banyak informasi tentang penulisan, publikasi, dan penerbitan buku hasil penelitian hanya di parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Dhea Salsabila
Dhea Salsabila
SEO Specialist dan Content Editor di Parafrase Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *