Tesaurus: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Penggunaannya

Tesaurus

Apakah Anda sudah tidak asing dengan istilah tesaurus? Dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui berbagai macam informasi terkait tesaurus, mulai dari pengertian, jenis, manfaat, hingga cara penggunaannya.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Tesaurus?

Sebelum mengetahui penjelasan yang lebih lebih lanjut, Anda bisa memahami arti kata tesaurus dengan melihat penjelasan yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kamus Bahasa Inggris Longman.

1. Pengertian Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tesaurus adalah buku referensi berupa daftar kata dengan sinonim dan antonimnya.

Selain itu, kata tersebut juga bisa dimaknai sebagai buku referensi berupa informasi tentang berbagai perangkat konsep atau istilah dalam pelbagai bidang kehidupan maupun pengetahuan.

2. Pengertian Menurut Kamus Bahasa Inggris Longman

Di sisi lain, pengertian kata tesaurus menurut Kamus Bahasa Inggris Longman adalah suatu buku yang mendaftar kata-kata secara berkelompok dengan kata-kata lain yang memiliki kesamaan pengertian.

Berdasarkan kedua penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa tesaurus merupakan referensi kosa kata yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan makna yang dimilikinya, baik berupa sinonim ataupun antonimnya.

Pengelompokan kosa kata ini biasanya akan dicantumkan berdasarkan urutan pada abjad.

Jenis-Jenis Tesaurus

Terdapat dua jenis buku sinonim yang bisa Anda gunakan ketika sedang mengerjakan sebuah karya tulis ilmiah, yakni.

1. Tesaurus Bahasa Indonesia

Tesaurus Bahasa Indonesia merupakan referensi kosa kata yang bisa Anda gunakan untuk mencari sinonim maupun antonim dalam bahasa Indonesia.

Jenis tesaurus yang satu ini dikenal juga dengan sebutan tesaurus tematis bahasa Indonesia.

2. Tesaurus Bahasa Inggris

Jenis berikutnya yakni tesaurus Bahasa Inggris atau thesaurus English.

Buku sinonim yang satu ini bisa Anda gunakan ketika ingin mencari persamaan maupun lawan kata dalam bahasa Inggris.

Manfaat Tesaurus dalam Parafrase Karya Tulis Ilmiah

Pada dasarnya, buku sinonim berfungsi untuk memberikan alternatif kosakata yang bisa digunakan oleh seorang penulis ketika mengerjakan sebuah karya tulis ilmiah.

Dengan adanya buku sinonim, para penulis bisa lebih mudah dalam mengerjakan karya ilmiah, sehingga mampu menghasilkan tulisan yang menarik untuk dibaca.

Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan buku sinonim saat melakukan penulisan atau parafrase karya tulis ilmiah adalah:

1. Memudahkan Penulis untuk Mencari Sinonim Kata

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan tesaurus dalam pengerjaan karya tulis ilmiah adalah memudahkan dalam mencari persamaan atau sinonim kata.

Hal ini akan membantu penulis agar bisa menemukan alternatif kata yang dapat digunakan dalam penulisan.

Dengan demikian, karya tulis yang Anda buat bisa menggunakan kata-kata yang lebih variatif dan enak untuk dibaca.

Tips Mudah Parafrase Karya Ilmiah:

2. Memudahkan dalam Memahami Definisi dari Suatu Kata

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Anda juga bisa lebih mudah memahami definisi dari sebuah kata ketika menggunakan tesaurus. Terkadang, Anda mungkin pernah menemukan kata-kata yang asing dan belum pernah dijumpai sebelumnya.

Ketika menggunakan buku sinonim, Anda bisa mengetahui padanan dari kata tersebut, sehingga bisa memahami arti dan definisinya dengan lebih jelas.

3. Mampu Memperluas Konteks

Anda juga bisa menggunakan buku sinonim untuk memperluas konteks pada karya ilmiah yang sedang dikerjakan. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengembangkan isi dari sebuah kalimat maupun paragraf pada sebuah karya tulis ilmiah.

4. Membantu Mengurangi Pengulangan Kata

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan buku sinonim adalah membantu mengurangi pengulangan kata dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Masalah ini biasa terjadi ketika seorang penulis hanya memiliki perbendaharaan kosakata yang sedikit. Dengan menggunakan buku sinonim, Anda akan bisa mendapatkan referensi dan alternatif kosakata yang bisa digunakan dalam sebuah tulisan.

Usahakan untuk tidak mengulang satu kata yang sama dalam sebuah paragraf agar tulisan yang dibuat bisa lebih menarik dan nyaman untuk dibaca.

5. Menjadikan Karya Ilmiah Lebih Menarik

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, manfaat kelima yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan buku sinonim dalam karya ilmiah adalah menjadikan tulisan tersebut lebih menarik untuk dibaca.

Penggunaan kata-kata yang bervariasi akan membuat karya tulis ilmiah yang Anda kerjakan menjadi lebih persuasif untuk dibaca.

Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan kosakata baru yang mungkin masih asing dan jarang untuk digunakan, sehingga dapat menambah wawasan para pembaca.

Cara Menggunakan Tesaurus

Terdapat tiga cara yang bisa Anda terapkan ketika ingin menggunakan tesaurus saat mengerjakan karya tulis ilmiah, yakni:

1. Kamus Tesaurus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiliki kamus tesaurus. Anda bisa mendapatkan dengan membelinya di toko buku yang ada di daerah sekitar.

Setelah membeli, Anda bisa mencari daftar sinonim yang relevan pada buku tersebut. Cara yang satu ini cukup efektif khususnya bagi Anda yang memiliki keterbatasan koneksi internet.

Meskipun demikian, pencarian persamaan maupun lawan kata menggunakan kamus tesaurus memang sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan dua cara berikutnya.

2. Tesaurus Online

Anda juga bisa menggunakan situs web atau aplikasi tesaurus online untuk mencari persamaan kata pada karya tulis yang sedang dikerjakan. Banyak sekali situs web atau aplikasi buku sinonim online yang bisa Anda gunakan untuk melakukan aktivitas tersebut.

Salah satu situs web yang sering digunakan seorang penulis ketika mengerjakan karya tulis ilmiah adalah tesaurus.kemdikbud.go.id untuk mencari persamaan dan lawan kata dalam bahasa Indonesia dan thesaurus.com untuk menemukan sinonim dan antonim dalam bahasa Inggris.

Adapun proses pencarian persamaan atau lawan kata yang bisa Anda praktikkan ketika menggunakan buku sinonim online adalah:

2.1. Membuka situs web atau aplikasi tesaurus online yang ingin digunakan.

2.2. Masukkan kata yang ingin Anda cari persamaan maupun lawan katanya pada tombol pencarian.

2.3. Klik tombol pencarian dan tunggu sesaat.

2.4. Hasil tesaurus akan muncul berdasarkan rekomendasi kelompok kata yang bisa Anda gunakan untuk penulisan karya tulis ilmiah.

3. Mesin Pencarian

Cara terakhir yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan buku sinonim adalah dengan memanfaatkan mesin pencarian. Sebenarnya, cara yang satu ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya.

Bedanya, Anda tidak perlu mengunjungi atau mengakses secara langsung situs web maupun aplikasi buku sinonim online yang ada.

Anda hanya perlu memasukkan kata yang ingin dicari sinonim atau antonimnya pada mesin pencarian, seperti Google. Setelah menunggu beberapa saat, Anda akan menemukan kata yang ingin dicari dengan mengakses situs web yang dimunculkan pada laman hasil pencarian tersebut.

Itulah informasi terkait tesaurus lengkap dengan cara menggunakannya.

Yuk, ikuti artikel terbaru dari parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *