19 Rekomendasi Web untuk Mencari Jurnal Nasional dan Internasional

Apakah Anda sudah tahu web untuk mencari jurnal dalam skala nasional maupun internasional? Jika belum, yuk, simak ulasan dari Parafrase Indonesia berikut ini!

Penting bagi Anda untuk mengetahui web pencari jurnal ini, khususnya saat sedang melakukan penelitian ilmiah agar hasil riset Anda bisa lebih kredibel dan terpercaya.

Dalam artikel ini, Parafrase Indonesia akan membagikan beberapa rekomendasi web yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal ilmiah sebagai rujukan. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar Anda bisa mengetahui web apa saja yang bisa digunakan untuk mencari jurnal ilmiah tersebut.

Rekomendasi Web untuk Mencari Jurnal Nasional

Berikut beberapa web yang bisa Anda gunakan ketika ingin mencari jurnal nasional, yakni:

1. Garuda

Rekomendasi web pertama yang bisa Anda kunjungi untuk mencari jurnal nasional adalah Garba Rujukan Digital atau Garuda. Situs ini dikelola oleh Indonesian Publication Index atau IPI. Anda bisa mendapatkan ribuan jurnal ketika mengakses situs tersebut.

Tidak hanya itu, jurnal yang tersedia di situs Garuda juga berasal dari berbagai macam bidang keilmuan, seperti ekonomi, komunikasi, sains, dan lainnya.

Anda bisa mengakses situs yang satu ini di laman https://garuda.kemdikbud.go.id/.

2. Syntax Literate

Situs web berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengakses jurnal nasional adalah Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. Ketika ingin menggunakan situs ini, Anda bisa mengunjungi laman https://jurnal.syntaxliterate.co.id/.

Anda juga bisa mendaftar atau membuat akun ketika mengunjungi situs yang satu ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pemberitahuan jika terdapat terbitan jurnal baru dalam situs tersebut.

3. Cerdika

Anda juga bisa mencari jurnal nasional untuk digunakan sebagai penulisan karya tulis ilmiah di situs Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia.

Anda bisa mengakses situs ini dengan membuka laman https://cerdika.publikasiindonesia.id/. Terdapat berbagai macam jurnal yang berasal dari bidang ilmu berbeda yang bisa Anda dapatkan ketika mengakses jurnal ini, mulai dari ilmu sosial, ilmu teknik, kesehatan, dan lainnya.

4. Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas juga memiliki situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal nasional.

Situs penyedia jurnal nasional dari Perpusnas yang bisa Anda akses adalah https://e-resources.perpusnas.go.id/.

Ketika mengakses laman ini, Anda mesti memiliki kartu anggota Perpusnas terlebih dahulu. Sebab pada laman awal Anda akan diminta untuk memasukkan nomor anggota Perpusnas agar bisa mengakses web ini secara keseluruhan.

Selain jurnal, Anda juga bisa mengakses sumber rujukan lain ketika menggunakan situs ini, seperti buku atau karya tulis ilmiah lainnya.

5. BRIN

Rekomendasi web terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal nasional adalah https://ejournal.brin.go.id/baca.

Situs penyedia jurnal yang dikenal dengan sebutan Jurnal Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi ini dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia.

Anda bisa mengakses banyak sekali jurnal yang tersedia di situs ini secara gratis untuk digunakan sebagai sumber rujukan dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Rekomendasi Web untuk Mencari Jurnal Internasional

Adapun web atau situs yang bisa Anda kunjungi untuk mencari jurnal internasional adalah:

1. Google Scholar 

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan rekomendasi situs pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari sumber rujukan dalam bentuk jurnal internasional.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Seperti namanya, situs penyedia jurnal yang satu ini dikelola oleh Google. Cara penggunaan situs ini juga tidak jauh berbeda dengan laman pencarian Google.

Anda hanya perlu mencantumkan kata kunci terkait sumber rujukan yang ingin digunakan pada kolom pencarian. Nantinya, Anda akan menemukan sumber rujukan yang relevan dari kata kunci yang digunakan dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber dalam penulisan ilmiah.

Bagi Anda yang ingin mencari sumber rujukan dengan situs ini, bisa mengakses laman https://scholar.google.com/.

2. DOAJ

Situs berikutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal ilmiah adalah DOAJ atau Directory of Open Access Journal. Situs ini dapat diakses dengan mengunjungi laman https://doaj.org/.

Terdapat ribuan jurnal yang bisa Anda manfaatkan ketika mengakses situs ini. Selain itu, Anda juga bisa memilih kategori ‘Journals’ atau ‘Articles’ untuk memudahkan pencarian sumber rujukan yang akan digunakan.

3. JSTOR

JSTOR merupakan situs web ketiga yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal internasional. Anda bisa mengakses JSTOR di laman https://www.jstor.org/.

Terdapat jutaan jurnal yang bisa Anda akses ketika menggunakan situs ini. Tidak hanya jurnal, Anda juga bisa mencari rujukan lainnya ketika mengakses situs ini, seperti buku, gambar, dan sumber primer.

4. IJERN

Situs web berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menemukan jurnal internasional sebagai sumber rujukan adalah International Journal of Education and Research atau IJERN.

Anda bisa mengakses situs ini pada laman https://www.ijern.com/.

Pahami Cara Menyusun Karya Ilmiah agar Lolos Publikasi:

5. Academia

Academia merupakan situs web berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal internasional. Anda bisa mengakses situs pencarian jurnal ini dengan mengakses laman https://www.academia.edu/.

Terdapat jutaan karya tulis ilmiah yang bisa Anda manfaatkan sebagai sumber rujukan penelitian secara gratis.

6. Researchgate

Anda juga bisa mencari jurnal internasional dengan mengakses situs web Researchgate. Situs ini bisa Anda kunjungi dengan membuka laman https://www.researchgate.net/.

Anda bisa membuat akun di laman ini secara cuma-cuma untuk mengakses referensi rujukan yang tersedia di situs web tersebut.

7. Oxford Academic

Oxford Academic merupakan situs pencarian jurnal internasional berikutnya yang bisa Anda manfaatkan. Seperti namanya, situs ini dikelola langsung oleh Oxford University.

Anda bisa mengakses jurnal yang tersedia di situs ini secara gratis. Bagi Anda yang ingin mencari jurnal di Oxford Academic, cukup klik situs https://academic.oup.com/.

8. Libgen

Anda juga bisa mencari jurnal internasional dengan mengakses situs https://libgen.is/. Ketika mengakses situs ini, Anda bisa menemukan banyak sekali sumber rujukan, tidak hanya dalam bentuk jurnal, tetapi juga buku dan karya tulis ilmiah lainnya.

9. ScienceDirect 

ScienceDirect menjadi rekomendasi situs web berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal internasional. Situs ini bisa Anda kunjungi dengan mengakses https://www.sciencedirect.com/.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa perlu biaya tambahan ketika mengakses jurnal yang ada di web tersebut.

Sebab tidak semua jurnal yang tersedia di ScienceDirect bisa Anda akses secara cuma-cuma.

10. Microsoft Academic

Anda bisa mengakses situs https://academic.microsoft.com/home untuk menggunakan Microsoft Academic dan menemukan jurnal internasional yang akan digunakan sebagai sumber rujukan.

Sama seperti situs web lainnya, banyak jurnal yang tersedia di laman ini yang bisa Anda manfaatkan sebagai referensi penelitian. Selain itu, Anda juga bisa mencari sumber rujukan yang diinginkan dengan mencantumkan kata kunci pada kolom pencarian yang tersedia.

11. Citeseer

Citeseer merupakan situs web selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan referensi jurnal internasional. Anda bisa mengakses situs ini di laman https://citeseer.ist.psu.edu/.

Secara konsep, situs ini tidak jauh berbeda dengan laman yang dikelola oleh Perpusnas Indonesia. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa mengakses jurnal saja, tetapi juga karya tulis ilmiah lain yang tersedia di laman tersebut.

12. Sage Journals

Sage Journals menjadi rekomendasi situs berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal internasional. Anda bisa mengakses situs ini dengan membuka laman https://journals.sagepub.com/. Terdapat banyak publikasi ilmiah dari berbagai macam disiplin ilmu yang bisa Anda manfaatkan ketika mengakses situs ini.

13. Freefullpdf

Anda juga bisa menemukan jurnal internasional secara gratis dengan mengakses situs https://www.freefullpdf.com/. Selain jurnal, Anda juga bisa mendapatkan paper dalam bentuk pdf ketika mengakses laman ini, sehingga dapat dibaca dengan lebih mudah nantinya.

14. Publish or Perish

Rekomendasi web terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari jurnal internasional adalah Publish or Perish. Berbeda dengan situs lainnya, Anda perlu memasang fitur ini terlebih dahulu di perangkat masing-masing.

Anda bisa mengunduh dan memasang Publish or Perish secara gratis dengan mengakses laman https://harzing.com/resources/publish-or-perish.

Itulah rekomendasi web yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal ilmiah, baik dalam skala nasional maupun internasional. Sudah tidak bingung lagi untuk mencari sumber rujukan penelitian bukan?

Dapatkan informasi dan tips menarik lainnya dengan membaca artikel-artikel parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia.

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *