Cara Mencari Buku di Google Scholar

cara mencari buku di google scholar

Google Scholar merupakan salah satu situs pencarian literatur ilmiah, seperti buku, artikel jurnal, dan lainnya yang sering digunakan oleh para peneliti untuk menemukan sumber rujukan. Tahukah Anda cara mencari buku ketika menggunakan pencarian di Google Scholar tersebut?

Dalam artikel ini, Parafrase Indonesia akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan ketika ingin mencari buku di Google Scholar.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui hal ini dengan detail, pastikan untuk membaca artikel berikut hingga bagian akhir agar bisa mendapatkan setiap informasi yang dibutuhkan secara keseluruhan.

Apa Itu Google Scholar?

Google Scholar adalah situs pencarian yang dikelola oleh Google yang berisi tentang literatur ilmiah dari berbagai macam bentuk format yang berbeda.

Literatur ilmiah yang tersedia di Google Scholar ini berasal dari publikasi yang ada di seluruh dunia. Dengan demikian, setiap pengguna bisa menemukan literatur ilmiah yang mereka butuhkan dengan mengakses situs pencarian yang satu ini.

Bagi Anda yang membutuhkan sumber rujukan ketika melakukan penelitian dan penulisan ilmiah, situs ini bisa bermanfaat untuk menemukan referensi yang dibutuhkan.

Apalagi, pencarian literatur ilmiah yang cukup mudah bisa membantu Anda dalam proses pengerjaan ilmiah yang sedang dilakukan.

Keunggulan Google Scholar

Banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika mengakses Google Scholar untuk mencari literasi ilmiah yang dibutuhkan.

Adapun beberapa keunggulan yang bisa dirasakan oleh para penggunanya ketika mengakses Google Scholar adalah:

1. Akses Literatur Akademik

Keunggulan pertama dari Google Scholar yang bisa Anda dapatkan adalah memudahkan akses terhadap literatur akademik. Terdapat banyak sekali literatur ilmiah dan akademik yang bisa Anda akses ketika menggunakan Google Scholar, baik dalam bentuk buku, artikel jurnal, makalah seminar, dan sejenisnya.

Selain itu, banyak literatur ilmiah yang bisa Anda akses secara gratis ketika menggunakan laman pencarian yang satu ini. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa literatur ilmiah yang memiliki akses terbatas, seperti skripsi dan tugas akhir lainnya karena membutuhkan akun dari perguruan tinggi terkait agar bisa mendapatkan karya tulis tersebut secara keseluruhan.

2. Pencarian Literasi yang Mudah

Anda juga bisa melakukan pencarian literasi ilmiah dengan mudah ketika mengakses Google Scholar. Laman awal Google Scholar yang tidak jauh berbeda dengan mesin pencari lain, seperti Google dan lainnya memudahkan pengguna untuk mengakses situs tersebut.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang relevan dengan literatur ilmiah yang ingin dicari di Google Scholar. Nantinya, Anda akan mendapatkan berbagai macam hasil pencarian dari literatur ilmiah yang berkaitan dengan kata kunci yang digunakan.

3. Proses Sortir yang Mudah

Keunggulan berikutnya dari Google Scholar yang bisa didapatkan oleh para pengguna adalah proses sortir yang mudah. Sebab, Anda bisa mengatur filter pada hasil pencarian yang tersedia di sisi kiri laman tersebut. Anda bisa mengatur filter, seperti tahun terbit, jenis literatur, dan relevansi agar hasil pencarian bisa lebih spesifik.

4. Dapat Merekam Pencarian Sebelumnya

Manfaat dan keunggulan lain dari Google Scholar adalah bisa merekam pencarian yang sudah dilakukan sebelumnya. Hal ini mempermudah Anda jika ingin mencari literasi ilmiah yang sudah pernah dicari.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang pernah digunakan sebelumnya pada kolom pencarian. Nantinya Anda akan mendapatkan rekomendasi pencarian berdasarkan hasil pencarian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

5. Bisa Menulis Sitasi Secara Otomatis

Keunggulan terakhir yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google Scholar adalah bisa menulis kutipan atau sitasi secara otomatis. Hal ini bisa mempermudah peneliti maupun penulis untuk menulis sitasi dengan baik dan benar, sehingga bisa terhindar dari adanya indikasi tindakan plagiarisme.

Anda bisa mengklik icon ‘Cite’ yang terletak di sisi bawah hasil pencarian literatur ilmiah yang dipilih. Nantinya Anda akan mendapatkan penulisan kutipan dari berbagai macam gaya berbeda, seperti MLA Style, APA Style, dan lainnya. Anda tinggal menyalin kutipan tersebut dan menggunakannya pada karya tulis ilmiah yang dibuat.

Pahami Cara Membuat Sitasi:

Cara Mencari Buku di Google Scholar

Sebelum mencari buku di Google Scholar, Anda mesti mengetahui cara dan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menemukan literasi yang diinginkan. Dengan mengetahui cara mencari buku di Google Scholar, Anda akan bisa lebih mudah dalam menemukan literasi yang dibutuhkan nantinya.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Sebelum mencari buku di Google Scholar, pastikan Anda memiliki perangkat yang memadai, baik smartphone maupun laptop agar bisa melakukan hal tersebut. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki koneksi internet yang baik agar proses pencarian buku di Google Scholar bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Berikut ini beberapa cara serta langkah-langkah yang bisa Anda terapkan ketika ingin mencari buku di Google Scholar, yakni:

1. Buka Situs Google Scholar

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin mencari buku di Google Scholar adalah membuka situs dari laman pencarian tersebut. Anda bisa mengakses situs Google Scholar dengan mengunjungi laman https://scholar.google.com/.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses Google Scholar lewat mesin pencari yang ada di browser masing-masing. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci ‘Google Scholar’ pada kolom pencarian tersebut.

Nantinya, Anda akan mendapatkan hasil pencarian Google Scholar dan bisa mengakses situs tersebut.

2. Masukkan Kata Kunci yang Relevan

Setelah membuka situs Google Scholar, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pencarian buku yang diinginkan.

Laman awal Google Scholar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laman awal pencarian Google. Anda bisa memasukkan kata kunci yang relevan dengan buku yang ingin dicari di kolom pencarian.

Jika Anda menggunakan kata kunci yang terlalu umum, bisa menambahkan kata ‘buku’ di awal atau akhir kalimat agar hasil pencarian lebih mengutamakan yang berbentuk buku.

Sebab jika Anda hanya mencantumkan kata kunci yang umum saja, maka hasil pencarian akan mencakup semua hasil yang relevan, baik itu dalam bentuk artikel jurnal, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya.

Setelah memasukkan kata kunci, Anda tinggal mengklik pencarian dan menunggu beberapa saat hingga hasil ditampilkan.

3. Sortir Hasil Pencarian

Nantinya Anda akan mendapatkan berbagai macam karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan kata kunci yang digunakan pada hasil pencarian. Anda bisa menggunakan filter yang tersedia di sisi kiri laman Google Scholar agar bisa mendapatkan pencarian yang lebih spesifik. Filter yang bisa digunakan antara lain waktu terbit, urutan berdasarkan terbitan terbaru, hingga jenis literasi yang ingin dicari.

4. Gunakan Buku yang Diinginkan

Setelah menemukan literasi yang ingin digunakan, Anda bisa langsung mengklik situs tersebut. Dengan demikian, Anda bisa membaca buku yang diinginkan dan dapat digunakan sebagai sumber rujukan pada penelitian maupun penulisan karya tulis ilmiah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mencari buku di Google Scholar.

Dapatkan informasi dan tips menarik lainnya dengan membaca artikel-artikel parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia.

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *