Ciri-Ciri Jurnal Nasional Terakreditasi yang Layak untuk Publikasi

ciri jurnal nasional terakreditasi

Ingin menerbitkan karya ilmiah? Simak terlebih dahulu ciri jurnal nasional terakreditasi yang layak untuk dijadikan media publikasi!

Sebelum mengetahui hal ini lebih lanjut, simak penjelasan tentang jurnal nasional terakreditasi terlebih dahulu pada bagian berikut.

Apa Itu Jurnal Nasional Terakreditasi?

Jurnal nasional terakreditasi merupakan salah satu bentuk publikasi yang diterbitkan secara berkala dan berguna untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini biasanya melibatkan pakar atau ahli di bidangnya masing-masing dalam proses publikasinya.

Penting bagi dosen untuk bisa menerbitkan artikel ilmiah lewat jurnal nasional publikasi ini. Sebab, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari seorang dosen ketika menerbitkan karya ilmiah di jurnal tersebut.

Pentingnya Publikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi

Bagi seorang dosen penting untuk melakukan publikasi di jurnal nasional yang terakreditasi. Sebab terdapat beberapa alasan yang menyebabkan seorang dosen mesti melakukan publikasi tersebut.

Adapun alasan pentingnya seorang dosen untuk melakukan publikasi karya tulis ilmiah di jurnal terakreditasi adalah:

1. Syarat Pemenuhan Kewajiban Dosen

Alasan pertama mengapa seorang dosen penting melakukan publikasi jurnal nasional terakreditasi adalah sebagai syarat pemenuhan kewajiban akademik. Seorang dosen memang diberi tanggung jawab untuk bisa mempublikasikan artikel ilmiah setiap tahunnya.

Jumlah publikasi ini juga berbeda-beda tergantung posisi masing-masing dosen di dunia akademik. Kewajiban publikasi jurnal ini nantinya juga bisa berpengaruh pada posisi akademik masing-masing dosen.

2. Publikasi yang Kredibel dan Terpercaya

Alasan kedua seorang dosen mesti melakukan publikasi di jurnal terakreditasi adalah terbitan yang kredibel dan terpercaya. Sebab dalam proses publikasi artikel di jurnal terakreditasi melibatkan pakar-pakar yang ahli di bidangnya masing-masing.

Dengan demikian, artikel ilmiah yang sudah Anda publikasikan bisa terjamin kualitasnya dan dapat dipertanggungjawabkan nantinya.

3. Peningkatan Karier Akademik

Alasan terakhir mengapa publikasi di jurnal terakreditasi penting bagi seorang dosen adalah bisa menunjang karier akademik. Publikasi jurnal yang dilakukan oleh seorang dosen bisa mendapatkan angka kredit atau nilai KUM.

Angka kredit ini nantinya akan berpengaruh pada peningkatan karir akademik seorang dosen. Makin banyak artikel ilmiah yang berhasil Anda publikasikan di jurnal terakreditasi, maka makin besar pula peluang untuk mendapatkan peningkatan karier akademik sebagai seorang dosen.

Ciri-Ciri Jurnal Nasional Terakreditasi yang Layak untuk Publikasi

Setelah mengetahui pentingnya publikasi jurnal nasional terakreditasi bagi seorang dosen, informasi berikutnya yang bisa Anda ketahui adalah ciri-ciri dari terbitan yang satu ini. Dengan mengetahui ciri-ciri dari jurnal terakreditasi ini, Anda bisa memilih dengan jelas tempat publikasi bagi karya tulis ilmiah yang sudah dikerjakan.

Berikut ini ciri-ciri dari jurnal nasional terakreditasi yang bisa menjadi tempat yang layak untuk Anda melakukan publikasi artikel ilmiah, yakni:

1. Memenuhi Kaidah keilmuan

Ciri-ciri pertama dari jurnal terakreditasi adalah memenuhi kaidah keilmuan yang ada. Sebuah jurnal yang termasuk dalam kategori ini mesti sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah yang diterapkan secara keseluruhan.

Jika sebuah jurnal tidak memiliki kaidah keilmuan di dalamnya, maka tidak ada informasi nyata dan positif yang bisa diketahui oleh para pembaca. Dengan demikian, sebuah jurnal terakreditasi mesti memenuhi kaidah keilmuan yang ada agar bisa menambah wawasan pengetahuan bagi para pembacanya.

2. Memiliki ISSN

Sebuah jurnal terakreditasi juga mesti memiliki ISSN di dalamnya. ISSN atau International Standard Serial Number merupakan serial angka yang biasanya terdapat di bagian belakang terbitan jurnal dan berfungsi sebagai nomor identifikasi dari publikasi tersebut.

Secara umum, ISSN ini terdiri dari delapan digit angka unik yang berbeda antara satu jurnal dengan terbitan lainnya. Dengan memiliki ISSN ini, sebuah jurnal akan bisa lebih mudah menjalankan proses pengelolaan dan pemesanannya.

Selain itu, identifikasi jurnal yang memiliki ISSN juga akan jauh lebih mudah dan efisien, sehingga bisa menghemat waktu pembaca dalam mencari sumber rujukan yang tepat.

3. Memiliki Terbitan Versi Online

Ciri-ciri berikutnya yang bisa Anda ketahui terkait jurnal terakreditasi adalah memiliki terbitan versi online. Jurnal terakreditasi biasanya memiliki dua versi cetakan ketika melakukan publikasi.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Versi pertama adalah publikasi cetak. Pada jenis publikasi ini Anda akan bisa menemukan kode ISSN dari masing-masing penerbit di bagian belakang jurnal.

Di sisi lain, versi kedua dari publikasi jurnal adalah elektronik. Versi ini biasanya berbentuk format PDF yang bisa dibaca di perangkat masing-masing.

Versi elektronik inilah yang nantinya bisa diakses secara online oleh para pembaca. Dengan demikian, para pembaca tidak perlu mencari satu per satu cetakan fisik untuk menemukan jurnal yang mereka butuhkan.

4. Dikelola Secara Profesional

Anda juga bisa melihat pengelolaan sebuah jurnal untuk mengetahui apakah publikasi tersebut termasuk ke dalam kategori nasional terakreditas atau tidak. Jurnal yang termasuk dalam kategori ini biasanya dikelola secara profesional oleh para pengelolanya.

Tingkat profesional ini bisa Anda lihat dari pengelolaan dan konsistensi dari sebuah jurnal tersebut. Misalnya ketika sebuah jurnal mesti terbit dalam jumlah tertentu dalam jangka waktu satu tahun, maka pihak pengelola bisa memenuhi hal tersebut dan menunaikan kewajibannya dengan maksimal.

5. Ditujukan untuk Kalangan Akademisi

Jurnal nasional terakreditasi bisanya ditujukan untuk berbagai kalangan akademisi dari bidang keilmuan. Setiap akademisi yang membutuhkan referensi ketika mengerjakan penelitian maupun penulisan karya tulis ilmiah bisa memanfaatkan jurnal nasional bereputasi ini sebagai salah satu sumber rujukan.

6. Diterbitkan oleh Lembaga yang Mumpuni

Ciri-ciri berikutnya dari jurnal nasional bereputasi adalah diterbitkan oleh lembaga yang mumpuni. Lembaga penerbit jurnal ini bisa dalam berbagai macam bentuk, mulai dari penerbit lembaga ilmiah, perguruan tinggi, dan lainnya.

Waspada Jurnal Predator:

7. Memuat Hasil Penelitian dari Disiplin Ilmu Tertentu

Jurnal nasional terakreditasi juga memuat berbagai macam hasil penelitian dari disiplin ilmu tertentu. Anda akan bisa menemukan berbagai macam jurnal dari bidang keilmuan berbeda ketika mengakses publikasi nasional terakreditasi.

Selain itu, jurnal nasional terakreditasi juga memuat hasil penelitian yang dilakukan dengan berbagai macam metode berbeda. Oleh sebab itu, butuh kemampuan adaptasi dari para editor agar bisa mengulas dan menyunting artikel ilmiah yang dikirimkan oleh masing-masing penulis.

8. Memiliki Dewan Redaksi dan Editor

Ciri-ciri berikutnya dari jurnal terakreditasi adalah memiliki dewan redaksi dan editor yang ahli di bidangnya. Dewan direksi dan editor ini berperan penting dalam menjaga kualitas dari publikasi yang dilakukan oleh masing-masing jurnal.

9. Terindeks DOAJ

Indeks dari DOAJ juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri dari jurnal nasional terakreditasi. DOAJ atau Directory of Open Access Journal merupakan salah satu situs penyedia literatur ilmiah terkemuka yang banyak digunakan oleh para akademisi untuk mencari sumber rujukan.

Sebuah jurnal yang terindeks DOAJ sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya dan memiliki kualitas tinggi di bidang keilmuannya masing-masing.

Baca Juga:

10. Penulis Berasal dari Dua Institusi yang Berbeda

Ciri-ciri terakhir dari jurnal nasional terakreditasi adalah memiliki penulis yang berasal dari dua institusi yang berbeda. Ciri-ciri ini wajib dipenuhi bagi pihak pengelola jurnal nasional terakreditasi dalam setiap publikasinya.

Itulah informasi lengkap terkait ciri-ciri jurnal nasional terakreditasi.

Bagi Anda yang hendak publikasi karya ilmiah, Anda tidak hanya bisa menerbitkan naskah pada jurnal saja, tetapi juga bisa menerbitkannya sebagai buku, loh!

Hanya dengan menggunakan Layanan Parafrase Konversi, tim profesional bersertifikasi BNSP dari Parafrase Indonesia akan mengonversi karya ilmiah atau artikel jurnal Anda menjadi buku berkualitas.

Tidak hanya diterbitkan sesuai standar Dikti, nantinya buku Anda juga memiliki ISBN yang dapat menunjang dan meningkatkan karier Anda sebagai dosen.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan biarkan penelitian Anda hanya menjadi artikel jurnal! Yuk, konversikan karya ilmiah Anda bersama Parafrase Indonesia!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *