Contoh Artikel Jurnal Ilmiah, Lengkap dengan Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Contoh artikel jurnal ilmiah

Ingin menyusun karya tulis, tapi masih bingung cari contoh artikel jurnal ilmiah untuk referensi? Tenang! Parafrase Indonesia akan membahas tentang jurnal ilmiah secara mendalam, mulai dari pengertian hingga contohnya.

Bagi Anda yang ingin mendapat informasi tentang hal ini, pastikan untuk membaca artikel berikut hingga bagian akhir, ya!

Apa Itu Artikel Jurnal Ilmiah?

Artikel ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang menyajikan sebuah fakta umum atau hasil penelitian tertentu yang ditulis dengan metodologi yang baik dan sesuai aturan yang berlaku.

Di sisi lain, jurnal merupakan sebuah media publikasi yang memuat berbagai macam artikel di dalamnya. Biasanya, artikel yang ada di dalam jurnal ditulis oleh peneliti atau seseorang yang ahli pada bidang keilmuan tertentu.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa artikel jurnal merupakan karya tulis ilmiah yang dipublikasikan lewat media jurnal. Adapun target pembaca dari artikel jurnal lebih tertuju pada para akademisi daripada masyarakat umum.

Ciri-Ciri Artikel Jurnal yang Baik

Terdapat beberapa ciri yang menunjukkan bahwa artikel jurnal itu baik dan kredibel, yakni:

1. Objektif dan Rasional

Artikel jurnal ilmiah yang baik harus berisi pembahasan yang objektif dan rasional. Hal ini bertujuan agar pembahasan yang ditulis sesuai dengan fakta yang terjadi.

Selain itu, artikel jurnal yang objektif dan rasional bisa membuat penulis terhindar dari bias atau pandangan pribadi terhadap sebuah objek yang sedang dibahas.

2. Kritis

Ciri berikutnya dari artikel jurnal ilmiah yang baik adalah memiliki sifat kritis. Sifat kritis ini dimaksudkan pada kemampuan penulis dalam memberikan kritik atau timbal balik atas suatu objek yang sedang dibahas dalam karya ilmiah tersebut.

3. Melalui Tinjauan dari Peneliti Sejawat Sebelum Publikasi

Sebuah artikel jurnal umumnya akan melewati seleksi dan tinjauan terlebih dahulu sebelum masuk proses publikasi. Tinjauan ini dilakukan oleh editor maupun peneliti sejawat yang juga memiliki keahlian khusus pada bidang keilmuan yang dibahas.

Tahap seleksi dan tinjauan bertujuan agar artikel jurnal sesuai dengan aturan yang berlaku. Tidak hanya itu, proses ini juga bertujuan agar karya ilmiah dapat dipertanggungjawabkan secara isi pembahasannya.

4. Diterbitkan di Platform Jurnal

Ciri keempat yang menjadi indikasi suatu artikel ilmiah itu baik dan kredibel adalah berhasil diterbitkan di platform jurnal. Banyak sekali penerbit jurnal yang bisa menjadi wadah untuk mempublikasikan sebuah artikel ilmiah, baik dalam skala nasional maupun internasional.

5. Memiliki Paragraf Abstrak

Ciri berikutnya dari sebuah artikel jurnal ilmiah yang baik adalah memiliki bagian paragraf abstrak. Paragraf abstrak bisa ditemukan pada bagian awal sebuah artikel jurnal.

Pada bagian ini, penulis harus menjelaskan secara umum tentang isi artikel jurnal tersebut, mulai dari pembahasan hingga metode yang dilakukan dalam proses penulisannya.

6. Memiliki Bagian Metodologi

Selain abstrak, artikel jurnal yang baik dan kredibel juga memiliki bagian metodologi di dalamnya. Bagian ini menjelaskan tentang metode yang digunakan oleh penulis dalam karya tulis ilmiah yang dia buat.

7. Ditulis oleh Peneliti yang Memiliki Keahlian di Bidang Tertentu

Artikel jurnal ilmiah yang bersifat keilmuan harus ditulis oleh peneliti yang memiliki keahlian pada disiplin ilmu tersebut. Hal ini bertujuan agar isi dari artikel ilmiah tersebut kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan.

8. Membahas Sebuah Objek dengan Fokus Spesifik

Ciri selanjutnya dari artikel jurnal adalah memiliki pembahasan objek dengan fokus yang spesifik. Hal ini didasari oleh adanya keterbatasan panjang artikel jurnal yang tidak seperti karya tulis lainnya, seperti buku, tugas akhir, dan sebagainya.

Hal ini mengharuskan penulis untuk menyusun pembahasan artikel jurnal secara spesifik dan tidak terlalu luas, tetapi tetap mencakup banyak hal.

9. Berisi Penelitian yang Orisinal

Artikel jurnal ilmiah biasanya berisi tentang hasil riset maupun penelitian orisinal yang dilakukan oleh penulis. Karya tulis ini bisa menjadi media publikasi atas hasil riset yang sudah dilakukan sebelumnya.

10. Menggunakan Bahasa Baku dan Mencakup Istilah dari Disiplin Ilmu Tertentu

Ciri berikutnya dari artikel jurnal ilmiah yang baik adalah menggunakan bahasa yang baku. Selain itu, terdapat juga penggunaan beberapa istilah yang sesuai dengan disiplin ilmu dalam bahasan artikel jurnal ilmiah tersebut.

11. Mencantumkan Identitas Sumber dengan Jelas

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Ciri terakhir dari artikel jurnal yang baik adalah mencantumkan identitas sumber atau referensi yang digunakan dalam proses penulisan.

Hal ini bertujuan agar artikel jurnal tersebut tidak terindikasi oleh tindakan plagiarisme.

Jenis-Jenis Artikel Jurnal

Terdapat beberapa jenis artikel jurnal yang bisa Anda temui yakni:

1. Jurnal Cetak

Jurnal cetak merupakan artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal yang berbentuk buku atau media cetak lainnya.

2. Jurnal Digital

Jurnal digital merupakan kebalikan dari jurnal cetak. Jika jurnal cetak diterbitkan dalam bentuk buku atau media cetak lainnya, maka jurnal digital diterbitkan secara digital di internet dan dapat diakses dari mana saja.

3. Jurnal Lokal

Jurnal lokal merupakan artikel ilmiah yang hanya diterbitkan untuk kalangan internal saja, seperti instansi maupun lembaga lainnya.

4. Jurnal Nasional

Jurnal nasional merupakan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam skala nasional atau lingkup sebuah negara.

5. Jurnal Internasional

Lebih luas dari jurnal nasional, jurnal internasional merupakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam skala dunia.

Lebih Banyak Tentang Jurnal Internasional:

6. Jurnal Penelitian

Seperti namanya, jurnal penelitian merupakan karya tulis ilmiah yang berisi tentang laporan hasil riset yang sudah dilakukan terlebih dahulu.

Contoh Artikel Jurnal Ilmiah

Berikut ini beberapa contoh artikel jurnal ilmiah yang bisa Anda baca, yakni:

1. Mukminin, A. (1). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227-252. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16

Link akses: https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/16

2. Nuriarta, I. W., & Wirawan, I. G. N. (2019). Kajian Komik Kartun Panji Koming Di Tahun Politik. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31091/sw.v7i2.821

Link akses: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/821

3. Nugroho, H., & Simatupang, G. L. L. (2014). REPRESENTASI BUDAYA DALAM KOMIK STRIP PANJI KOMING. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 1(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n1.p%p

Link akses: https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1471

4. Nuriarta, I. W., & Bayu Artha, I. G. A. I. (2017). Bahasa Rupa Kartun Konpopilan Pada Koran Kompas Tahun 2016. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 5. https://doi.org/10.31091/sw.v5i0.191

Link akses: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/191

5. Arrsa, Ria Casmi. 2016. “Pemilu Serentak Dan Masa Depan Konsolidasi Demokrasi”. Jurnal Konstitusi 11 (3):515-37. https://doi.org/10.31078/jk1136.

Link akses: https://jurnalkonstitusi.mkri.id/index.php/jk/article/view/1136

Itulah beberapa contoh artikel jurnal ilmiah yang bisa Anda baca dan unduh secara gratis. Yuk, kunjungi kunjungi artikel selanjutnya di parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk mendapatkan tips serta informasi menarik lainnya!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *