Berapa Gaji Lektor Kepala dalam Dunia Akademik?

gaji lektor kepala

Tertarik mengajukan kenaikan jabatan fungsional sebagai LK? Yuk, pahami dulu besaran gaji Lektor Kepala beserta tunjangan yang akan Anda dapatkan!

Dalam runtutan karier dosen, LK menduduki posisi ketiga setelah Asisten Ahli (AA) dan Lektor. Artinya, untuk meraih jabatan Lektor Kepala, Anda harus melewati tingkatan AA dan Lektor terlebih dahulu.

Lantas, apa sajakah yang akan Anda peroleh ketika menduduki jabatan Lektor Kepala?

Besaran Gaji Lektor Kepala

Pada dasarnya, semua dosen baik PNS maupun Non-PNS bisa mengajukan kenaikan jabatan fungsional. Asalkan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Dalam hal ini, terdapat perbedaan gaji Lektor Kepala dari dosen yang berstatus PNS dan Non-PNS. Gaji pokok dosen PNS biasanya sudah diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Meskipun demikian, aturan terbaru dari Permendikbudristek Nomor 44 Tahun 2024 telah menegaskan bahwa gaji dosen harus di atas Kebutuhan Hidup Minimum (KHM). 

Posisi Lektor Kepala diperuntukkan bagi dosen PNS yang berada di golongan IV/a, IV/b, dan IV/c. Berdasarkan masing-masing golongan tersebut, besaran gaji pokok yang bisa didapatkan oleh dosen PNS dengan jabatan fungsional Lektor Kepala adalah:

  1. Golongan IV/a: Rp3.287.800 hingga Rp5.399.900.
  2. Golongan IV/b: Rp3.426.900 hingga Rp5.628.300.
  3. Golongan IV/c: Rp3.571.900 hingga Rp5.866.400.

Di sisi lain, dosen yang berstatus non-PNS akan mendapat gaji pokok sesuai kebijakan masing-masing perguruan tempat bertugas. Biasanya gaji pokok dosen non-PNS ini disesuaikan dengan upah minimum provinsi atau UMP yang berlaku di wilayah institusi tersebut.

Tunjangan yang Bisa Didapatkan Lektor Kepala

Gaji pokok bukanlah satu-satunya pemasukan yang bisa didapatkan oleh seorang Lektor Kepala. Anda juga akan mendapat tunjangan sebagai pemasukan tambahan setiap bulannya.

Setidaknya terdapat tiga jenis tunjangan yang bisa didapatkan oleh Lektor Kepala, yaitu:

1. Tunjangan Profesi

Tunjangan profesi merupakan jenis tunjangan pertama yang didapatkan oleh Lektor Kepala sebagai pemasukan tambahan. Besaran tunjangan profesi biasanya adalah satu kali gaji pokok dan dibayarkan setiap bulan.

2. Tunjangan Khusus

Sebagai Lektor Kepala, Anda juga mendapatkan tunjangan khusus yang akan diterima ketika bertugas di wilayah khusus dalam kurun waktu tertentu.

3. Tunjangan Tugas Tambahan

Tunjangan terakhir yang bisa didapatkan oleh Lektor Kepala adalah tunjangan tugas tambahan. Seperti namanya, tunjangan ini akan diterima oleh dosen ketika dirinya mendapatkan tugas tambahan terkait jabatan struktural di sebuah perguruan tinggi, seperti Rektor, Dekan, dan sejenisnya.

Baca Juga:

Cara Menambah Penghasilan yang Menguntungkan bagi Dosen

Tidak hanya gaji dan tunjangan, Anda juga bisa meraup banyak penghasilan dari kegiatan sampingan, yakni:

1. Menjadi Narasumber Seminar

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menambah pemasukan adalah menjadi narasumber sebuah seminar. Kredibilitas Anda sebagai dosen tentu dianggap memiliki kepakaran terhadap bidang keilmuan yang ditekuni.

Anda bisa mengisi beberapa seminar yang masih relevan dengan latar belakang keilmuan Anda, serta dapat menyesuaikan jadwal agar tidak mengganggu kewajiban utama sebagai dosen.

2. Menulis dan Menerbitkan Buku

Sampingan yang terbukti menguntungkan yakni menulis dan menerbitkan buku. Anda bisa mendapatkan royalti dengan cara memasarkan buku tersebut pada mahasiswa atau kolega.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan angka kredit atau KUM guna menunjang peningkatan karier sebagai dosen. Namun, meski memberikan keuntungan yang begitu besar, banyak dosen yang enggan menerbitkan buku karena terkendala kesibukan yang padat.

Jangan sampai itu terjadi pada Anda! Karena sekarang Anda bisa menerbitkan buku hanya dengan berbekal karya ilmiah (tesis, disertasi, artikel ilmiah, dan naskah hasil penelitian lainnya), menggunakan Layanan Parafrase Konversi, tim bersertifikasi BNSP dari Parafrase Indonesia akan mengonversi naskah hasil penelitian Anda menjadi buku ber-ISBN dan sesuai standar Dikti.

1 Step 1
Apa yang Membuat Anda Tertarik Melakukan Parafrase?
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan buku tersebut saat pengajuan BKD guna mempercepat kenaikan jabatan fungsional Anda!

3. Menjadi Dosen Pembimbing

Penghasilan tambahan ketiga yakni menjadi dosen pembimbing. Pada dasarnya, membimbing mahasiswa memang salah satu tugas yang dibebankan pada dosen.

Namun, di luar kewajiban itu, Anda juga bisa menjadi mentor dari mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

4. Menjadi Tutor atau Mentor

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda bisa menjadi tutor atau mentor untuk menambah pendapatan. Anda dapat mengajarkan bidang keilmuan yang dikuasai sehingga relevan dengan tanggung jawab saat mengajar di kampus.

5. Terlibat dalam Project Kampus

Cara berikutnya untuk menambah pemasukan adalah aktif terlibat dalam project kampus. Biasanya masing-masing kampus memiliki project tersendiri yang ditunjang oleh bantuan dana dari pihak terkait.

Anda bisa mencari informasi seputar project kampus agar bisa terlibat dan mendapat pemasukan tambahan.

6. Menjadi Reseller Buku Perkuliahan

Anda juga bisa menjadi reseller buku perkuliahan untuk memperbesar pemasukan. Menjadi reseller merupakan salah satu profesi yang cukup mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan modal besar di awal.

Dalam hal ini, Anda bisa menjadikan mahasiswa atau kolega sebagai target pasar. Dengan demikian, reseller buku perkuliahan bisa menjadi pilihan yang patut Anda coba untuk mendapat penghasilan tambahan.

7. Mengajar di Kampus Lain

Jika Anda ingin melakukan kegiatan tambahan yang tidak jauh berbeda dari tugas sehari-hari, mengajar di kampus lain adalah pilihan paling tepat. Tidak hanya penghasilan, Anda juga bisa menambah pengalaman mengajar di tempat yang berbeda sehingga dapat meningkatkan kualitas serta kemampuan sebagai dosen.

8. Mengisi Kelas di Semester Pendek

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menambah pendapatan yakni mengisi kelas di semester pendek.

Semester pendek yang berlangsung di luar jadwal perkuliahan normal bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menambah pendapatan yang dimiliki.

Itulah informasi lengkap terkait besaran gaji Lektor Kepala, tunjangan, serta kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Dapatkan lebih banyak informasi mengenai jabatan fungsional melalui parafraseindonesia.com dan follow Instagram @parafraseindonesia untuk berbagai tips menarik pengembangan karier dosen!

Bagikan artikel ini melalui

Picture of Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam
Irfan Jumadil Aslam mulai menulis, khususnya sebagai SEO Content Writer sejak September 2022. Memiliki minat khusus pada tema bahasan sejarah, budaya, dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *